PT Vale Konsultasi Publik Studi Amdal Rencana Operasi Produksi Bijih Nikel di Blok Bahodopi

  Jumat 29 Juli 2022   Winda Bestari     335

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (5)

Morowalikab.go.id - Bungku - PT Vale Indonesia Tbk melaksanakan Konsultasi Publik Studi Analisis dampak lingkungan (Amdal) Rencana Operasi Produksi Bijih Nikel PT Vale Indonesia Tbk Blok 2 dan Blok 3 Bahodopi secara hybrid, pada Jumat (29/07/2022). Konsultasi publik yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati itu dibuka oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim. 

Konsultasi Publik tersebut juga diikuti secara virtual oleh perwakilan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI Direktorat Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan, Nugroho Indra Windardi.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (6)

Turut hadir di Ruang Pola Kantor Bupati di antaranya Direktur Strategis PT. Vale, Budiawan Syah, Senior Manager PT. Vale, Budi Kumara, Direktur Corporate Affair and General Admin PT Vale, Yusuf Suharso, Perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Direktorat Teknik dan Lingkungan, Himawan Satrya Saputra, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, Baso Nur Ali, unsur Forkopimda, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Morowali, masyarakat umum, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan insan pers.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-23

Perwakilan Kementerian ESDM Direktorat Teknik dan Lingkungan, Himawan menyebut konsultasi publik ini merupakan tahapan wajib yang dilaksanakan sesuai amanat regulasi. Lebih lanjut dirinya menerangkan bahwa proses ini dilakukan guna  mengidentifikasi dampak lintas sektor dari adanya aktivitas penambangan hingga pasca proyek selesai. 

"Penyusunan Amdal ini dilakukan dalam rangka integrasi pelabuhan yang baru dengan kegiatan penambangannya. Serta adanya peningkatan operasi produksi sehingga diharapkan siklus penambahan dan pengangkutan komoditas tambang tidak menjadi kendala di kemudian hari. Pemerintah berharap bahwa kegiatan operasi produksi kegiatan PT Vale ini dapat segera beroperasi dan pemerintah akan mengawal pelaksanaannya setelah kegiatan administrasi dapat diselesaikan", urainya.

Ia juga menuturkan, hadirnya PT Vale semoga dapat membawa pertumbuhan ekonomi yang siginifikan di Kabupaten Morowali, utamanya bagi warga lingkar tambang, selain itu dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas dengan menyerap tenaga kerja lokal.

"Pemerintah juga berharap projek ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan dapat memfasilitasi tenaga kerja lokal agar dapat bekerja di PT Vale Indonesia", ujar Himawan.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (1)

Sementara itu, Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, Baso Nur Ali berujar bahwa komitmen PT Vale dalam menerapkan sustainable mining bukanlah hal yang baru. Ia berharap, hal tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi khususnya saat berproduksi di Kabupaten Morowali.

"Ketaatan PT Vale sesuai regulasi di bidang lingkungan hidup tidak diragukan. Mudah-mudahan di Blok Bahodopi bisa lebih dari itu", pungkasnya.

Ia menambahkan, tujuan dilakukannya konsultasi publik ini karena PT Vale tidak dapat merekam secara utuh masalah yang berada di lingkungan usahanya dalam hal ini Blok Bahodopi baik dari aspek sosial budaya maupun lingkungan hidupnya. Sehingga dibutuhkan semua masukan, saran dan pendapat dari semua pihak dalam posisi yang setara. 

"Olehnya tolong dimanfaatkan dengan baik kesempatan ini saya yakin PT Vale juga dengan komitmennya akan mendengar dan merespons sehingga keputusan yang diambil nanti akan berimbang dan adil", imbau dia.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (2)

Bupati Morowali, Taslim secara gamblang menyebut aktivitas penambangan di Morowali belum maksimal akibat terabaikannya prinsip atau kaidah pertambangan. Ia berharap, konsultasi publik PT Vale hari ini dapat menyempurnakan proses pembangunan lingkungan yang sustainable di Morowali.

"Semoga kehadiran Vale dapat menjadi contoh bagi pelaku usaha lainnya untuk menerapkan  aktivitas pertambangan sesuai kaidah dan aturan yang berlaku. Ini adalah harapan kita, dimana kehadiran Vale tidak hanya memberi kontribusi kesejahteraan tapi juga sebagai awal kebangkitan kita untuk membangun lingkungan di Morowali", kata Taslim.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (3)

Dalam sambutannya, Bupati juga mengimbau agar masyarakat dan stakeholders seyogyanya mendukung secara penuh proses masuknya investasi di Morowali dengan turut menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban. Sebab hadirnya investasi kata Taslim membawa sejumlah dampak positif bagi daerah khususnya dalam hal mengurangi angka kemiskinan di Morowali.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22

"Vale tidak bisa jalan tanpa adanya dukungan masyarakat. Semua elemen harus terlibat. Olehnya mohon untuk kita bersama menjaga stabilitas dan kondisi masyarakat kita untuk mendukung investasi di Morowali", tandasnya.

WhatsApp Image 2022-07-29 at 18-12-22 (4)

Acara pembukaan konsultasi publik kemudian dilanjutkan dengan pemaparan studi Amdal Rencana Operasi Produksi Bijih Nikel di Blok 2 dan Blok 3 Bahodopi oleh Senior Manager PT. Vale, Budi Kumara dan diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Berita Terkait

ikuti-stqh-ke-26-tingkat-prov-sulteng-wakil-bupati-resmi-melepas-kafilah-kabupaten-morowali

Ikuti STQH Ke-26 Tingkat Prov Sulteng, Wakil Bupati Resmi Melepas Kafilah Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, resmi melepas peserta kafilah Kabupaten Morowali untuk mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadis (STQH) ke-26 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang di

tempuh-jarak-20-km-bupati-morowali-gowes-jalin-silaturahmi-bersama-masyarakat-bungku-pesisir

Tempuh Jarak 20 KM, Bupati Morowali Gowes, Jalin Silaturahmi bersama Masyarakat Bungku Pesisir

Morowalikab.go.id-Bungku- Suasana pagi pesisir yang cukup dingin dan mendung tidak mengurangi semangat Bupati Morowali dan Rombongan untuk berolahraga sepeda (Gowes). Sabtu Pagi (02/07/22). Gowes merupakan salah satu aktivitas favorit dan agend

taslim-dukung-aliansi-anti-tambang-tolak-pt-giu-beroperasi

Taslim Dukung Aliansi Anti Tambang Tolak PT GIU Beroperasi

morowalikab.go.id - Bungku - "Tolak dan cabut izin PT GIU, tidak boleh ada tambang di Bungku Tengah!" seru Jabir, Korlap aksi di Pelataran Kantor Bupati, Kamis (13/08/20). Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Anti Tambang menggelar

mewakili-bupati-morowali-camat-bahodopi-buka-jambore-kerukunan-dan-komunitas-tahun-2022

Mewakili Bupati Morowali, Camat Bahodopi Buka Jambore Kerukunan dan Komunitas Tahun 2022

Morowalikab.go.id-Bungku- Mewakili Bupati Morowali, Camat Bahodopi Tahir resmi membuka kegiatan jambore kerukunan dan komunitas yang digelar oleh kerukunan masyarakat kecamatan bahodopi (KMKB), di Lahan Sidaya PT IMIP Desa Labota, Bahodopi (28/05/2

paripurna-dprd-bupati-morowali-sampaikan-laporan-pertanggungjawaban-pengantar-nota-keuangan-apbd-2020

DPRD Gelar Rapat Paripurna - Bupati Morowali sampaikan Pengantar Nota Keuangan Pertanggungjawaban APBD TA 2019

Morowalikab.go.id- Bungku- Rabu, 24/06), Bertempat di Ruang Sidang Kantor DPRD Kab. Morowali, Bupati Morowali, Taslim sampaikan pidato pengantar nota keuangan pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2019, Pidato disampaikan pada Sidang Paripurna K