Pemkab Morowali Perkuat Percepatan Pembentukan dan Pengaktifan Pokjanal Posyandu

  Jumat 13 Mei 2022   helman kaimu     1650

3 (2)

Morowalikab.go.id, Bungku, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Daerah, menggelar pertemuan dalam rangka Penguatan Percepatan Pembentukan dan  Pengaktifan Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2022.

Pertemuan yang berlangsung di Aula Kantor Dinkes dan KB Morowali dibuka secara resmi Bupati Morowali yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda), Drs. Yusman Mahbub, M.Si.

2 (2)

Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja operasional pos pelayanan terpadu. Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya Kesehatan bersumber daya masyarakat yang sudah menjadi milik serta menyatu dalam kehidupan dan budaya masyarakat dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan Kesehatan, guna memperoleh pelayanan Kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak.

‘’Pokjanal Posyandu sebagai wadah yang tugas dan fungsinya untuk meningkatkan koordinasi, pembinaan, fasilitasi, dan advokasi. Pembangunan Kesehatan diarahkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar peningkatan derajat Kesehatan masyarakat setinggi-tingginya dapat terwujud,’’ demikian dikatakan Sekda Morowali, Yusman Mahbub, saat membacakan sambutan Bupati Morowali.

Lebih lanjut, Yusman Mahbub menuturkan, keberadaan Posyandu sangat diperlukan dalam pendekatan upaya promotif dan prefentif kepada masyarakat. Posyandu menyelenggarakan 5 program prioritas yakni Kesehatan ibu dan anak, keluarga berencana, perbaikan gizi, imunisasi dan penanggulangan diare utamanya terkait dalam upaya Kesehatan ibu dan anak.

‘’Peran Posyandu sangat penting dalam deteksi dini tumbuh kembang anak, serta menjadi tempat pertama dan utama untuk meningkatkan edukasi pencegahan stunting dan masalah Kesehatan lainnya,’’ ujarnya.

Diakhir sambutannya, Mantan Kadis Keperasi dan UMKM Morowali itu membuka dengan resmi kegiatan tersebut dengan harapan dapat mewujudkan optimalisasi peran dan fungsi Pokjanal Posyandu Kabupaten Morowali.

‘’Dengan mengucapkan ‘’Bismillahirahmaanirrahim’’ pertemuan penguatan percepatan pembentukan dan pengaktifan Pokjanal Posyandu Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2022 secara resmi saya nyatakan dibuka. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan optimalisasi peran dan fungsi Pokjanal Posyandu melalui peningkatan kapasitas kelembagaan, SDM, anggaran dan koordinasi Posyandu melalui system informasi,’’ pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Djawaludin, SKM., M.Kes, Kadis PMDP3A Kabupaten Morowali, Drs. H. Abdul Wahid Hasan, M.Pd, Kabid Kesmas Dinkes Morowali, Siti Magfirah, SKM, dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

 

Berita Terkait

kendalikan-inflasi-daerah-bupati-morowali-ikuti-rakor-secara-virtual

Kendalikan Inflasi Daerah, Bupati Morowali Ikuti Rakor Secara Virtual

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Camat dan Kades se Kabupaten Morowali, mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Kerjasama Pengendalian Inflasi Daerah serta Penyelesaian

wabup-morowali-membuka-orientasi-pengurus-rumah-ibadah-agama-islam

Tingkatkan Kwalitas Keagamaan, Pemkab Morowali Gelar Orientasi Pengurus Rumah Ibadah

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk meningkatkan kwalitas keagamaan serta pemahaman pengurus rumah ibadah, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat  (Kesra) menggelar kegiatan Orientasi Pengurus Rumah Ibadah Tingk

percepat-layanan-kegawatdaruratan-bupati-resmikan-psc-119-makanca-dan-launching-ambulance-call-center-morowali

Percepat Layanan Kegawatdaruratan, Bupati Resmikan PSC 119 ‘’Makanca’’ dan Launching Ambulance Call Center Morowali.

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, resmikan Publik Safety Center (PSC) 119 ‘’Makanca’’ serta Launching Ambulance Call Center 0811401119 Kabupaten Morowali, di Kompleks Kota Terpadu Mandiri (KTM) Desa B

maksimalkan-indikator-permintaan-kpk-sekda-morowali-ungkap-syarat-yang-harus-dipenuhi

Maksimalkan Indikator Permintaan KPK, Sekda Morowali Ungkap Syarat Yang Harus Dipenuhi

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk memaksimalkan indikator permintaan Komisi Pemberantasan Korupsi, Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub Pimpin Rapat Koordinasi bersama perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab

cegah-korupsi-dan-gratifikasi-jelang-idul-fitri-bupati-morowali-keluarkan-surat-edaran

Cegah Korupsi dan Gratifikasi Jelang Idul Fitri, Bupati Morowali Keluarkan Surat Edaran

Morowalikab.go.id, Bungku, Sebagai tindaklanjut dari Surat Edaran Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nomor 13 Tahun 2021 tanggal 28 April 2021 tentang Pencegahan Korupsi dan Pengendalian Gratifikasi Terkait Hari Raya, maka Bupati Morowali