Pemkab Morowali Ikuti Rakor Penanganan Covid-19 Bersama Mendagri RI Secara Virtual

  Senin 03 Mei 2021   Octaviana Latong     222

Morowalikab.go.id-Bungku- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar rapat koordinasi Dalam rangka penegakan disiplin protokol kesehatan dan penanganan covid-19, secara virtual, Senin (03/04). Rapat dipimpin langsung oleh Mendagri Jendral Pol. (Purn). Prof. H. Muhammad Tito Karnavian Ph.D, dihadiri Menteri Perhubungan RI, Menteri Agama RI, Menteri Kesehaatan RI, Panglima TNI RI, Kapolri RI, Kabin RI, Jaksa Agung RI, KA BNPB (Kasatgas Covid-19), serta diikuti oleh Kepala Daerah Kabupaten/Kota Se-Indonesia.

IKS_3945-min

Sementara itu, dari unsur Pemerintah Kabupaten Morowali, turut hadir di ruang Vidcon Media Center, Bupati Morowali Drs. Taslim, Kapolres Morowali AKBP. Bayu Indra Wiguna S.IK, M.IK, Asisten I Pemerintahan dan Kesra Ir.Rizal Badudin, Kadis Kesbangpol Drs. Bambang Soerojo, Plt. BNPB Muh. Yusuf Jacob, ST.MM, Kodim 1311 Morowali, dan Kejaksaan Morowali.

Mendagri dalam arahannya menjelaskan agar para kepala daerah harus memiliki satu narasi yang sama sesuai arahan presiden RI yaitu dilarang mudik. Ia berharap adanya sinergitas yang terus berkesianmbungan oleh para kepala daerah maupun seluruh stakeholder terkait dalam rangka mencegah penyebaran mata rantai covid-19 di Indonesia.

“ Perlu adanya sinergitas antara seluruh elemen terkait pencegahan kasus covid ini, saya harapkan tetap lakukan komunikasi, koordinasi yang baik antara TNI/Polri, Kemenkes, Ka Satgas covid, Kemenag, maupun Kemenhub sehingga tingkat peredaran covid-19 di Indonesia dapat  menurun”. Jelas Mendagri saat memimpin Rakor.

IKS_3979-min

Dikesempatan yang sama, Menteri perhubungan dalam arahannya mengintruksikan agar semua unsur yang akan bertugas perlu memiliki pemahaman dan persepsi yang sama atas ketentuan pelanggaran mudik dan implementasinya dilapangan, pengawasan dilakukan dengan pendekatan yang tegas namun humanis, pihak kepolisian melalui korlantas pusat dan daerah akan menjadi pelaksana utama dilapangan, semua pihak agar berhati-hati salah menyampaikan pernyataan-pernyataan ke media atau publik, semua pihak diminta untuk terus menjaga koordinasi saat berada dilapangan.

Sementara itu, Menteri Agama juga menjelaskan langkah-langkah konkrit penerapan covid-19 yang akan dilakukan pada saat jelang idul fitri diantaranya pelaksanaan takbiran, pelaksanaan shalat idul fitri, pelaksanaan halal-bil halal (silaturahim).

“ Kementerian agama akan memonitor dan memastikan pelaksanaan takbiran hanya dilakukan di masjid/mushala yang dihadiri oleh maksimal 50% dari kapasitas masjid/mushala, kementerian agama akan melaksanakan takbiran nasional secara virtual yang akan diselenggarakan bekerjasama dengan badan pengelola masjid istiqal dengan melibatkan ormas islam dan media nasioanal. Untuk Pelaksanaan shalat idul fitiri jajaran kemenag akan berkoordinasi dan melibatkan seluruh tokoh agama islam dan penyuluh agama islam untuk memastikan shalat idul fitri benar-benar dilaksakanan sesuai SE Np. 04 tentang perubahan Surat Edaran Nomor. SE.03 tahun 20221 tentang panduan ibadah Ramadhan dan idul fitri tahun 1442 Hijriyah/2021. Seluruh penyuluh agama, kepala KUA diwajibkan membuat laporan kepada tim satgas penanganan covid-19 didaerah masing-masing jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan, sementara itu pelaksanaan halal Bil Halal (Silaturrahim) seluruh Penyuluh agama dan jajarana kemenag akan mensosialisasikan kepada masyarakat agar halal bil-halal dilaksanakan dilingkungan keluarga initi dengan memperhatikan protokol kesehatan atau memaksimalkan fasilitas teknologi informasi (Virtual)." Jelasnya. 

Selain itu, terdapat juga paparan dari Menteri BNPB/KA Satgas Covdi-19 Ri, TNI dan Polri, terkait Situasi  Penanganan Covid-19.

IKS_3941-min 

 

 

 

Berita Terkait

cegah-kondisi-gagal-tumbuh-anak-bupati-morowali-buka-kegiatan-penilaian-kinerja-stunting

Apresiasi Kinerja DKPPKB, Bupati Morowali Buka Kegiatan Penilaian Kinerja Stunting

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk mendukung strategi percepatan pencegahan stunting atau kondisi gagal tumbuh anak, Bupati Morowali, Drs. Taslim membuka kegiatan Penilaian Kinerja Stunting di Kabupaten Morowali. Kegiatan yang dilaksanakan Badan Pe

penantian-panjang-rtrw-kawasan-industri-morowali-sampai-kapan

Penantian Panjang RTRW Kawasan Industri Morowali, Sampai Kapan???

KAWASAN INDUSTRI TANPA RTRW PRESS ROOM / 47 Sejak 2012, ketika pemerintah pusat memberlakukan larangan mengekspor bahan mentah mineral, maka Kawasan Industri (KI) Kab. Morowali merupakan 1 dari 14 KI yang dijadikan prioritas  dalam RPJMN 2015-2019

ustadz-riza-muhammad-safarai-ramadhan-di-kabupaten-morowali

Ustadz Riza Muhammad, Safari Ramadhan di Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Ustadz kondang, Riza Muhammad melakukan Safari Ramadhan 1442 H/2021 M di Masjid Agung Morowali, Kompleks Perkantoran Fonuasingko, Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah, Senin (3/5/21) ba’da Zuhur. Safari yang dilaksa

ketua-kpu-morowali-serahkan-dokumen-pengusulan-peresmian-dan-pelantikan-anggota-dprd

Ketua KPU Morowali Serahkan Dokumen Pengusulan Peresmian dan Pelantikan Anggota DPRD

PPID / morowalikab.go.id / Bungku. Bertempat di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Morowali, komleks KTM-Bahomohoni, Kec. Bungku Tengah, Ketua KPU, Ervan menyerahkan Dokumen Pengusulan Peresmian dan Pelantikan Anggota DPRD Morowali, periode

ketua-dprd-morowali-bangun-desa-dengan-kerjasama

Ketua DPRD Morowali: Bangun Desa, Dengan Kerjasama.

BUNGKU - morowalikab.go.id - Sebanyak 150 orang Perangkat Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tergabung dari 3 Kecamatan yakni Kecamatan Bungku Pesisir, Kecamatan Bahodopi dan Kecamatan Bungku Timur, mengikuti kegiatan pembahasan ''Tugas P