Launching Desa Puntari Makmur Sebagai Kampung Moderasi Beragama, Ini Pesan Bupati Morowali

  Rabu 26 Juli 2023   Ketut Suta     309

WhatsApp Image 2023-07-26 at 17-28-21 (1) Morowalikab.go.id, Witaponda - Bupati Morowali, Drs. H. Taslim menghadiri sekaligus me-launching Desa Puntari Makmur sebagai Kampung Moderasi Beragama. Bertempat di Balai Desa Puntari Makmur, Kecamatan Wita Ponda, Rabu (26/7/2023).

Acara Kampung Moderasi Beragama tersebut digagas oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Morowali.

Dalam sambutannya, Bupati Morowali menyampaikan, Indonesia merupakan bangsa yang majemuk terdiri dari berbagai macam agama, suku, budaya, adat istiadat, serta bahasa daerah yang berbeda di dalamnya.

Meski demikian, melalui perbedaan-perbedaan itu jika dapat dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya maka, maka akan melahirkan suatu kekuatan untuk dapat membangun bangsa.

Olehnya menjaga persatuan sangatlah penting, agar tidak ada segelintir orang atau kelompok-kelompok tidak bertanggung jawab yang menjadikan lambang agama sebagai suatu alat dalam mencapai tujuan tertentu dan dapat memecah persatuan.

WhatsApp Image 2023-07-26 at 17-28-19 Bupati Morowali juga berpesan kepada warga, agar jiwa saling menghargai dan menghormati di dalam sebuah perbedaan dapat terus ditanamkan dalam diri setiap orang, terlebih lagi bagi anak-anak muda yang merupakan generasi penerus bangsa.

"Olehnya kita wajib untuk saling menghargai perbedaan-perbedaan yang ada, karena perbedaan ini juga merupakan ciptaan Tuhan, sehingga perbedaan ini adalah suatu keniscayaan, dan kita sebagai negara yang beragama maka harus menghargai perbedaan-perbedaan itu," ujar Bupati Morowali.

"Selain itu mari kita selaku orang yang lebih tua diharapkan, agar terus mengedukasi dan memberikan pemahaman kepada anak-anak kita, generasi muda kita, untuk bagaimana saling menghargai di tengah perbedaan yang ada," imbuhnya.

Pada momen itu pula Bupati Morowali mengingatkan bahwa tidak lama lagi tahun politik, sehingga melalui kesempatan itu Dia mengajak warga yang hadir untuk tidak menjadikan perbedaan pilihan sebagai sarana untuk berpecah belah nantinya.

"Mari jadikan Demokrasi sebagai sarana untuk bersatu, bekerja keras, dalam menentukan pemimpin kedepan yang bisa membangun bangsa dan negara ini menjadi lebih baik," harap Taslim.

Mengakhiri sambutannya, Orang Nomor Satu di Bumi Tepe Asa Moroso itu mengapresiasi dengan adanya Kampung Moderasi Agama tersebut, dan diharapkan akan semakin memperkokoh kesatuan dan persatuan dalam kehidupan berbanhsa dan berbegara.

WhatsApp Image 2023-07-26 at 17-28-20 Sementara itu, dalam laporan ketua panitia pelaksana menyampaikan, launching Kampung Moderasi Beragama itu sebelumnya telah diawali atau ditandai dengan sosialisasi tentang moderasi beragama, yang bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam menjalani kehidupan beragama.

Dia juga menjelaskan bahwa, acara tersebut merupakan salah satu kegiatan prioritas Kemenag RI demi terwujudnya di Tahun 2023 sebagai tahun perubahan umat beragama yang telah dicanangkan sebelumnya.

"Kegiatan ini diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang agama, suku dan organisasi. Adapun tema Launching Kampung Beragama ini yaitu, Merawat Kerukunan, Memperkokoh Semangat Kebangsaan," ujarnya.

"Diharapkan melalui kampung moderasi beragama ini dapat memperoleh pemahaman lebih baik tentang pentingnya sikap saling menghormati, dan memahami perbedaan keyakinan serta membuka ruang dialog positif guna membantu memecahkan beberapa kesalahpahaman terkait agama," tambahnya.

WhatsApp Image 2023-07-26 at 17-28-19 (1) Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Morowali, H. As'at Latopada, S.Ag menuturkan, kegiatan Lounching Kampung Moderasi Beragama ini digelar secara nasional atau serentak di seluruh kabupaten yang ada di Indonesia, yakni kurang lebih ada 1.000 titik.

"Ini merupakan langkah bagaimana untuk menyatukan kita semua meski di tengah perbedaan agama, suku maupun etnis di Indonesia, terkhusus lagi yang ada di Kecamatan Wita Ponda Kabupaten Morowali," tuturnya.

Dia juga menjelaskan, sebelum ditetapkannya Desa Puntari Makmur sebagai Kampung Moderasi Beragama, sebelumnya pihaknya telah melakukan evaluasi dan penilaian guna dapat menentukan tempat yang cocok sebagai Kampung Moderasi Beragama.

Sehingga dipilihnya Puntari Makmur sebagai Kampung Moderasi Beragama, karena didalamnya terdapat populasi yang banyak memiliki jenis agama, suku maupun etnis yang ada, dan mampu hidup rukun serta harmonis secara berdampingan.

WhatsApp Image 2023-07-26 at 17-28-18 Adapun kegiatan Launching Puntari Makmur sebagai Kampung Moderasi Beragama ditandai dengan pemukulan gong sebanyak lima kali oleh Bupati Morowali, dan diakhiri penandatanganan sebagai dukungan deklarasi moderasi beragama.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Dewan Adat Tobungku, Drs. H. Maizhun Ilwan Ridwhan, Anggota DPRD Morowali, Ahmad Efendi, Unsur Forkopimda, Staf/Ahli Bupati Morowali, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Keagamaan, Camat Witaponda bersama Forkopimcam, Kepala Desa Puntari Makmur, serta masyarakat setempat dan tamu undangan lainnya.

Berita Terkait

hadiri-maulid-nabi-di-desa-kolono-bupati-paparkan-program-pengembangan-keagamaan-di-kabupaten-morowali

Hadiri Maulid Nabi di Desa Kolono, Bupati Paparkan Program Pengembangan Keagamaan di Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id, Kolono, Bupati Morowali, Drs. Taslim, menghadiri kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, di Masjid Al-Kautsar Desa Kolono Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (29/10/20). Maulid yang diselenggarakan oleh Warga Desa Kolono di

pemkab-sambut-hangat-kepala-bkn-ri-kunker-di-kabupaten-morowali

Pemkab Sambut Hangat Kepala BKN RI Kunker di Kabupaten Morowali

morowalikab.go.id - Bungku - Kepala Badan Kepegawaian Negara Republik Indonesia (BKN RI), Dr. Ir. Bima Haria Wibisana, MSIS., dan Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Drs. Harun Arsyad, SH., MH., bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Ka

ramadhan-ke-7-pemkab-morowali-gelar-safari-ramadhan-di-masjid-nurul-falah-bahonsuai

Ramadhan Ke 7, Pemkab Morowali Gelar Safari Ramadhan di Masjid Nurul Falah Bahonsuai

Morowalikab.go.id - Bungku - Malam Ke-7 Ramadhan, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melaksanakan Safari Ramadhan di Masjid Nurul Iman Desa Bahonsuai, Kecamatan Bumi Raya, Selasa (28/03/2023). Pelaksanaan Safari ini merupakan hari ke 3 dilaksana

bupati-morowali-resmikan-mesjid-al-nurdin-desa-uedago

Bupati Morowali Resmikan Mesjid Al Nurdin Desa Uedago

morowalikab.go.id - Bungku Barat - Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan Mesjid Al Nurdin di Desa Uedago, Kecamatan Bungku Barat pada Selasa (06/04). Hadir di antaranya Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Morowali

kelola-pad-terbaik-morowali-jadi-tujuan-studi-banding-pemkab-bantaeng

Kelola PAD Terbaik, Morowali Jadi Tujuan Studi Banding Pemkab Bantaeng

Morowalikab.go.id, Bungku, Sebanyak Lima orang perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melaksanakan studi Banding Pengelolaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Morowali, Jumat (28/01/22). Kehadiran rombongan studi banding dari Pe