Dukung Germas, Dinkes Sulteng Sosialisasi GeMa CerMat dan AoC di Morowali

  Minggu 22 September 2019   helman kaimu     439

PPID - morowalikab.go.id - Bungku - Upaya mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Optimalisasi Agent of Change (AoC) di Alun-alun Rujab Bupati Morowali, Desa Matansala, Kecamatan Bungku Tengah, Minggu (22/9/19) pagi.

Kegiatan diawali dengan senam sehat turut dihadiri Gubernur Sulteng yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Drs. Mohamad Nizam, MH, Bupati Morowali Drs. Taslim, Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Reni A. Lamajido, S.Apt., M.Kes, Kasubdit Penggunaan Obat Rasional Direktorat Pelayanan Kefarmasian pada Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Reviandes, S.Si.,Apt, Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali Ashar Ma'aruf, SE., M.Si, Kepala OPD, sejumlah masyarakat, ASN dan Honorer lingkup Pemkab Morowali.

GeMa CerMat dan AoC bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara tepat dan benar, meningkatkan kemandirian masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan memusnahkan obat secara tepat dan benar. Hal ini dikatakan Kadis Kesehatan Sulteng Reni A. Lamajido, saat menyampaikan laporan kegiatan.

Lebih lanjut, Reni mengungkapkan, Peserta terdiri dari lintas sektor mulai dari ASN sampai dengan masyarakat termasuk Agen Of Change. Metode dan proses pertemuan adalah pembekalan kepada Apoteker sebagai Agen of Change.

Ditempat yang sama, Bupati Morowali, Taslim, saat mengawali sambutannya  memberikan ucapan selamat datang dan apresiasi kepada seluruh pejabat Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tengah, serta Pejabat Kementerian Kesehatan yang menyempatkan diri hadir di Kabupaten Morowali dalam rangka sosialisasi GeMa CerMat dan AoC.

‘’Saya atas nama Pemerintah Daerah mengucapkan selamat datang kepada Pejabat Kementerian Kesehatan RI dan Pemrov Sulteng di Kabupaten Morowali dalam pelaksanaan sosialisasi GeMa CerMat. Selain itu, kami juga sangat mengapresiasi kepada Kementeria Kesehatan RI, Kadis Kesehatan Provinsi Sulteng, dan Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali beserta seluruh jajarannya atas terlaksananya penyelenggaraan kegiatan sosialisasi GeMa CerMat dan AoC di Kabupaten Morowali,’’ Ucap Taslim.

Taslim berharap, dengan adanya kegiatan GeMa CerMat dan AoC ini, seluruh Apoteker baik yang bertugas di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik atau Apotik yang ada di Kabupaten Morowali untuk dapat berkontribusi secara signifikan dalam mensosialisasikan GeMa CerMat,  agar masyarakat dapat mengetahui pentingnya informasi penggunaan obat secara baik dan benar. Karena menurutnya, Tenaga kesehatan merupakan garda terdepan bagi akses pelayanan bagi kesehatan masyarakat.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Mohamad Nizam, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya sinergitas antara Pemerinta Daerah dan Masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam meningkatkan kepedulian kesadaran dan pemahaman masyarakat dalam menggunakan obat secara baik dan benar.

Ditambahkannya, Penyebaran informasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat secara terus menerus meningkatkan kesadaran dalam menggunakan obat sebagai titik tolak masyarakat sehat, sejahtera sesuai dengan nawacita Presiden Republik Indonesia.

Diakhir sambutannya, Mohamad Nizam membuka kegiatan sosialisasi GeMa CerMat dan AoC. ‘’Dengan mengucapkan Bismillahirrahmani rahim,  sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat) dan Optimalisasi Agent of Change (AoC) denga resmi saya nyatakan dibuka,’’ Pungkasnya.

Seusai membuka sosialisasi, Staf Ahli Bidang Ekonomi Pemrov Sulteng, Bupati Morowali, Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Reni A. Lamajido, Kasubdit Penggunaan Obat Rasional Direktorat Pelayanan Kefarmasian pada Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kadis Kesehatan Kabupaten Morowali, menyematkan Pin GeMa CerMat kepada lima orang perwakilan Apoteker Kabupaten Morowali sebagai Agent of Change.

Foto/Reporter IKP Kominfo: HK

Berita Terkait

kementan-dorong-morowali-jadi-kawasan-pertanian-organik-pertama-di-sulawesi-tengah

Kementan Dorong Morowali Jadi Kawasan Pertanian Organik Pertama di Sulawesi Tengah

PPID - morowalikab.go.id - Jakarta. (Senin, 15/07/19), Bupati Morowali, Taslim didampingi Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Andi Irman, berkunjung ke Kantor Pusat Kementerian Pertanian (Kementan) dalam rangka menjalin kerja sama dan koordinasi gu

rakorda-dukcapil-morowali-untuk-singkronisasi-data

Rakorda Dukcapil Morowali, Untuk Sukseskan Pilkada Morowali.

Morowalikab.go.id - Bertempat di gedung Serba guna Ahmad Rabie,bungku telah dilaksanakan Rapat Kordinasi Daerah ( Rakorda ) penyusunan Data base dukcapil yang akurat tahun 2018 dengan Tema " Menuju Sukses Pilkada Morowali 2018". Topik kegiatan Rakor

wabup-morowali-pimpin-upacara-penurunan-bendera-merah-putih

Wabup Morowali Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

Morowali, IKP, Kominfo, Rangkaian pelaksanaan upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia Tahun 2020 telah sukses dilaksanakan dipagi hari. Namun pada sore hari ditempat yang sama

hadiri-perpisahan-mahasiswa-kkn-bupati-harapkan-dukungan-ugm-tingkatkan-sdm-morowali

Hadiri Perpisahan Mahasiswa KKN, Bupati Harapkan dukungan UGM Tingkatkan SDM Morowali

Umbele - morowalikab.go.id - Jelang berakhirnya Kuliah Kerja Nayata (KKN) pada tanggal 7 Februari nanti di Desa Umbele, 30 orang  mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta menggelar kegiatan perpisahan. Kegiatan yang berlangsung di Gedung S

wabup-tekankan-asn-harus-menjaga-netralitas

Wabup Najamuddin, ASN Wajib Gunakan Hak Pilih Dengan Tetap Menjaga Netralitas

  PPID (Morowalikab.go.id) - Bungku - Upacara 17 Bulan Berjalan digelar di pelataran Kantor Bupati pada Senin, (15/04). Upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., dihadiri oleh seluruh OPD Kabup