Bupati Tegaskan Kawal Penyaluran Pupuk Bersubsidi di Morowali

  Jumat 17 Juni 2022   Winda Bestari     134

WhatsApp Image 2022-06-17 at 16-57-10 (1)

Morowalikab.go.id - Bungku - Dalam rangka memaksimalkan suplai stok pupuk bersubsidi bagi para petani di Kabupaten Morowali, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Morowali melaksanakan Rapat Verifikasi dan Validasi Pupuk Bersubsidi serta Implementasi Kartu Tani di Aula DPKP Morowali, Jumat (17/06/22). 

Rapat dipimpin oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, didampingi oleh Kepala DPKP Morowali, Andi Irman, S.STP., MM., dan Sekretaris DPKP Morowali, Abd. Muttaqin Sonaru, S.Pt., MM. Rapat diikuti oleh tim verval kecamatan lingkup Kab. Morowali, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), produsen, distributor, penyalur pupuk dan insan pers.

WhatsApp Image 2022-06-17 at 16-57-10 (3)

Kepala DPKP Morowali, Andi Irman dalam laporannya menerangkan bahwa berdasarkan petunjuk teknis pemberian pupuk bersubsidi ini haruslah memenuhi enam prinsip utama yang sudah dicanangkan atau disebut 6T, yakni tepat jenis, tepat jumlah, tepat harga, tepat tempat, tepat waktu, dan tepat mutu. Menurutnya, keterlambatan suplai pupuk yang terjadi telah melenceng dari juknis yang berlaku.

"Terkait persoalan pupuk, kadang penyalurannya tidak tepat waktu. Saat dibutuhkan, pupuknya tidak ada begitupun sebaliknya. Itu salah satu kendala yang dialami petani kita, pemberian pupuk akhirnya tidak sesuai juknis yang ada", pungkasnya.

WhatsApp Image 2022-06-17 at 16-57-10 (6)

Lebih lanjut, Andi Irman berharap melalui koordinasi yang dibangun, seluruh komponen yang terlibat dapat memaksimalkan sistem penyaluran pupuk bersubsidi di Morowali.

"Kami berharap, melalui rapat pertemuan ini kita dapat menyamakan persepsi sehingga tata kelola penyaluran pupuk bersubsidi menjadi lebih baik lagi", harapnya.

WhatsApp Image 2022-06-17 at 16-57-10 (4)

Sementara itu, Bupati Taslim secara tegas menyampaikan tidak akan segan memberikan sanksi hingga melibatkan aparat penegak hukum untuk mengungkap apabila terdapat kasus penyelewengan pupuk bersubsidi di Morowali. Lebih lanjut, Bupati mengimbau agar pihak yang bertanggungjawab harus serius dan memaksimalkan proses distribusi agar penyalurannya tepat waktu.

"Teman-teman adalah orang yang diberi amanah oleh negara untuk menjalankan fungsi pelayanan.Tugas itu sudah bapak ibu emban, semoga ini betul-betul penyalurannya, jangan sampai dipermainkan atau dimonopoli sebab ini sudah tindak pidana jika salah penyalurannya", tekan Taslim.

WhatsApp Image 2022-06-17 at 16-57-10 (5)

Hal senada juga Bupati tekankan kepada pihak terkait untuk wajib memperbaiki sistem penyaluran. Segala hal yang menjadi hambatan seyogyanya dievaluasi agar petani mendapatkan haknya sesuai aturan yang berlaku.

"Mohon semua kelemahan itu jadi bahan evaluasi kita untuk memperbaiki sistem penyaluran pupuk  ke petani. Sesungguhnya kita tidak langka atau kekurangan pupuk jika proses suplai dan distribusi lancar. Mohon untuk diseriusi jangan dijadikan alasan karena adanya sistem ODOL (red: Over Dimension Over Loading) dan kelangkaan BBM", tandas dia.

Untuk diketahui, alokasi pupuk bersubsidi di Kabupaten Morowali tahun 2022 sebanyak 3.000 ton sudah tersalurkan sebanyak 1.348,50 ton atau baru direalisasikan dengan mencapai 44,95 persen. Adapun sumber kendala yang terjadi adalah keterlambatan proses pendistribusian dari gudang Lini II (Kota Palu) ke gudang Lini III (Kab. Morowali) disebabkan adanya pembatasan muatan (sistem ODOL) dan kelangkaan BBM.

Berita Terkait

nakhoda-baru-diskominfo-morowali-penyegaran-organisasi-sesuai-kebutuhan

Nakhoda Baru Diskominfo Morowali, Penyegaran Organisasi Sesuai Kebutuhan

PPID - morowalikab.go.id - Bungku. (Selasa, 24/09), sesuai dengan Surat Keputusan Bupati Morowali Nomor: 824.22/198/RHS/BKPSDMD/2019 tentang Pengangkatan Aparatur Sipil Negara Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten

rapat-paripurna-agendakan-jawaban-bupati-atas-pandangan-umum-fraksi-terhadap-raperda-pertanggungjawaban-pelaksanaan-apbd-ta-2021

Rapat Paripurna Agendakan Jawaban Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2021

Morowalikab.go.id - Bungku - Rapat Paripurna ke 9 (sembilan) Masa Persidangan III dengan agenda Pendapat Bupati atas Pandangan Umum Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2021, digelar

pemkab-morowali-sosialisasikan-edaran-gubernur-tentang-pembelajaran-tatap-muka-masa-pandemi-covid-19

Pemkab Morowali Sosialisasikan Surat Edaran Gubernur Tentang Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid-19.

Morowali, IKP Kominfo, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Pendidikan Daerah mensosialisasikan Surat Edaran Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Nomor: 420/1428.1/DIKBUD, tentang Kebijakan Penyelenggaraan Pembelajaran disatuan Pendidi

dispora-morowali-gelar-pelatihan-pengelolaan-desa-wisata-tahun-2022

DISPORAPAR MOROWALI GELAR PELATIHAN PENGELOLAAN DESA WISATA TAHUN 2022

  Morowalikab.go.id –Bungku- Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Morowali Menyelenggarakan Pelatihan Pengeloaan Desa Wisata Kabupaten Morowali Tahun 2022, berlangsung di Desa One

pemkab-morowali-gelar-rapat-koordinasi-pelaporan-rencana-aksi-ham-tahun-2021

Pemkab Morowali Gelar Rapat Koordinasi Pelaporan Rencana Aksi HAM Tahun 2021

Morowalikab.go.id-Bungku- Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Morowali gelar Rapat Koordinasi Pelaporan Rencana Aksi HAM di Ruang Rapat Kantor Bupati Lantai 1, Rabu (16/06). Kegiatan tersebut di buka langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan