Bupati Resmikan Pembukaan MTQ Ke-X Tingkat Kabupaten Morowali

  Senin 19 Oktober 2020   helman kaimu     868

2

Morowalikab.go.id, Witaponda, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Bagian Kesra, menggelar kegiatan upacara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-X Tingkat Kabupaten Morowali di Arena MTQ Desa Lantula Jaya Kecamatan Witaponda, Senin (19/10/20).

Kegiatan yang dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 dibuka Bupati Morowali, Drs. Taslim dan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali, Ny. Asnoni Taslim.

1

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Morowali, Dr. Hj. Marwani, M.Pd, unsur Forkopimda, Kepala OPD dan Forkopimcam se-Kabupaten Morowali

Dalam sambutannya, Bupati Morowali, Taslim mengatakan pembukaan MTQ bukan hanya sebagai momentum untuk mencari kader terbaik pada Ivent MTQ Tingkat Provinsi Maupun Nasional, namun menciptakan masyarakat atau aparatur yang memahami isi kandungan Al-Qur’an dalam lingkungan masyarakat maupun lingkungan birokrasi.

‘’Meskipun MTQ lebih cenderung pada unsur perlombaan, tetapi kita berharap, kemampuan setiap peserta lomba dalam memaparkan hafalan, Tafsir dan Seni Baca Tulis Al-Qur’an harus diarahkan pada kemampuan menghayati dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an baik,’’ ujarnya.

7

Selain itu, mantan anggota DPRD Kabupaten Morowali mengungkapkan, bahwa kegiatan MTQ juga selaras dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Morowali, yakni mewujudkan Masyarakat  sejahtera bersama serta beriman dan bertaqwa melalui peningkatan pembinaan agama, sarana dan prasarana tempat ibadah sehingga tercipta kerukunan hidup antar umat beragama.

‘’Pelaksanaan MTQ selaras dengan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati yakni mewujudkan Masyarakat Yang Beriman dan Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa. pelaksanaan MTQ juga berorientasi pada nilai-nilai keselarasan, keseimbangan dan keharmonisan baik dibidang material maupun dibidang spritual. Olehnya dengan kegiatan MTQ dapat memberi andil dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama terhadap nilai-nilai Al-Qur’an dalam menuju Masyarakat Sejahtera Bersama, Beriman dan Bertaqwa,’’ tukas Taslim.

3

Ia berharap seluruh masyarakat, dan pemerintah Kecamatan Witaponda sebagai tuan rumah MTQ ke X Tahun 2020 dapat memaklumi pelaksanaan MTQ yang dilaksanakan dengan penerapkan protokol kesehatan.

‘’Pelaksanaa MTQ ke X Tingkat Kabupaten Morowali Tahun ini tidak sama dengan tahun sebelumnya, ini dikarenakan adanya Pandemi Covid-19. Olehnya kepada Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta Pemerintah Kecamatan Witaponda sebagai tuan rumah dapat memakluminya. Untuk itu, kami selaku Pimpinan Daerah bersama Wakil Bupati dan unsur Forkopimda mengharapkan agar selama pelaksanaan MTQ tetap diselenggarakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan. Mari kita semua bersama-sama memerangi penyebaran virus Corona dengan menerapkan protokol kesehatan yakni memakai masker, jaga jarak dan mencuci tangan,’’ imbuhnya.

6

Sementara itu, Ketua Panitia, Drs. Bambang S. Soerojo, M.Si mengungkapkan bahwa penyelenggaraan MTQ Ke X dimulai sejak tanggal 17-23 Oktober 2020.

‘’Sejumlah kegiatan Penyelenggaraan MTQ yang dimulai sejak tanggal 17-23 Oktober 2020 diantaranya, Penerimaan Kafilah, Pendaftaran Peserta, Orientasi Dewan Hakim, Acara Pembukaan, Rakonsulda LPTQ, Rapat akhir Dewan Hakim, Penutupan dan Pemulanagan Kafilah,’’ urainya.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Morowali tersebut menambahkan, pelaksanaan MTQ Tahun ini sebanyak 252 orang.  ‘’Jumlah Kafilah yang terdiri dari Ketua Rombongan, unsur LPTQ, Pelatih, Offisial, pendamping dan peserta  sebanyak 252 orang yang terdiri dari, Kecamatan Menui Kepulauan 27 orang, Kecamatan Bungku Selatan 29 orang, Kecamatan Bungku Timur, 25 orang, Kecamatan Bungku Pesisir, 26 orang, Kecamatan Bahodopi, 32 orang, Kecamatan Bungku Tengah 30 orang, Kecamatan Bungku Barat 30 orang, Kecamatan Bumi Raya 26 orang, dan Kecamatan Witaponda 28 orang,’’ Jelasnya 

Kegiatan yang berlangsung aman dan tertib berakhir dengan pelantikan Dewan Hakim oleh Wakil Bupati Morowali dan pemukulan beduk oleh Bupati Morowali sebagai tanda resminya pembukaan MTQ ke-X Tingkat Kabupaten Morowali Tahun 2020.

Diketahui bahwa pelaksanaan MTQ ke-X memperlombakan 3 cabang lomba yakni, Pertama Cabang Tilawatil Qur’an Qori’/Qori’ah Golongan Kanak-kanak, Remaja, Dewasa, Tartil Dasar (Murattil/Muratillah) dan Tartil Menengah (Murattil/Murattilah). Kedua, Cabang Hifzhil Qur’an Hafiz/Hafizah Golongan, 1 Juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Ke Tiga, Golongan Bahasa Arab (Mufassir/Mufassirah).

 

 

 

Berita Terkait

morowali-diundang-ikut-assesment-menuju-smart-city

Morowali Diundang Ikut Assesment Menuju Smart City

Jakarta -  Kementerian Kominfo mengundang Kabupaten Morowali sebagai salah satu Kabupaten di Sulawesi Tengah yang mengikuti Assesment Kota/Kabupaten Gerakan Menuju 100 Smart City 2018.  Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pustiknas Kominfo Tangerang

jalin-silaturahim-dengan-tim-visitasi-rsud-bupati-morowali-jamu-makan-malam-bersama

Jalin Silaturahim Dengan Tim Visitasi RSUD, Bupati Morowali Jamu Makan Malam Bersama

BUNGKU, morowalikab.go.id, Usai menjalankan tugas sebagai Tim Visitasi pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali, Sabtu (27/03/21), Tim Visitasi yang didampingi Direktur RSUD Morowali, dr. Agus S. Partan bertandang ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupa

bupati-morowali-investor-wajib-patuhi-undang-undang-pengelolaan-lingkungan-hidup

BUPATI MOROWALI: INVESTOR WAJIB PATUHI UNDANG-UNDANG PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP

morowalikab.go.id – Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim, mengatakan bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM). Ini sangat jelas diatur dalam konstitusi kita untuk melindungi hak setiap warga negara dal

bupati-morowali-resmikan-sdn-2-bahodopi

BUPATI MOROWALI,RESMIKAN SDN 2 BAHODOPI

Morowalikab.go.id. Bahodopi. Kamis, (23/01), Bupati Morowali, Drs Taslim Mengresmikan  SDN 2 Bahodopi, Kegiatan dilaksanakan di halaman sekolah baru tersebut. Turut  hadir ketua penggerak PKK  Kabupaten Morowali. Ny Asnoni Taslim, Staf ahli bidang

perkuat-peran-dan-fungsi-perpustakaan-bupati-membuka-sosialisasi-perpustakaan-berbasis-inklusi-sosial

Perkuat Peran dan Fungsi Perpustakaan, Bupati Membuka Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.

Morowalikab.go.id, Bungku, Bupati Morowali, Drs. Taslim, didampingi Kadis Perpustakaan Daerah, Zaenudin, S.Pd., M.Pd dan Camat Bungku Tengah, Wirda Rosanti, S.STP., MPA, membuka kegiatan Sosialisasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, di Gedung