Tim Terpadu Gelar Rakor Tindaklanjuti Peninjauan Pertambangan dan Perambahan Hutan di Morowali

  Selasa 13 September 2022   Winda Bestari     1122

WhatsApp Image 2022-09-13 at 12-30-06 - Copy

Morowalikab.go.id - Bungku - Tim Terpadu Kegiatan Pertambangan dan Perambahan Hutan di Wilayah Kabupaten Morowali menggelar rapat koordinasi di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (13/09/2022). Sebagai informasi, Tim Terpadu dibentuk dan ditetapkan pada 28 Januari 2022 dan tertuang dalam SK Bupati Morowali Nomor: 188.8.45/KEP.0080/TAPEM/2022.

Dibentuknya tim ini sebagai langkah strategis Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk mengatasi persoalan aktivitas penambangan ilegal dan perambahan liar di wilayah Kab. Morowali.

Dalam rakor tersebut dilakukan penayangan video dari hasil peninjauan Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) terhadap aktivitas pertambangan dan perambahan hutan sejumlah perusahaan di wilayah Kecamatan Bungku Pesisir. Video tersebut menjadi bahan bagi Tim Terpadu untuk mengevaluasi sejauh mana kerusakan lingkungan yang terjadi akibat aktivitas penambangan dan perambahan hutan di Desa Laroenai dan Buleleng.

WhatsApp Image 2022-09-13 at 12-30-07
Bupati Morowali, Drs. Taslim menegaskan tidak boleh ada pembiaran terhadap perusahaan yang menambang tidak sesuai prosedur atau aturan yang berlaku. Ia mengimbau agar tim terpadu wajib memperketat pengawasan di lapangan sehingga risiko atau dampak kerusakan lingkungan dapat diperkecil.

"Dari tayangan video menggambarkan bagaimana kondisi riil lingkungan yang terjadi di Kabupaten Morowali. Kegiatan pertambangan memang memberi dampak atau pengaruh terhadap lingkungan. Namun jika kita (red:Tim Terpadu) melalukan pengawasan kita bisa meminimalisir risiko tersebut", pungkasnya.

"Pengawasan kita mungkin kurang berperan sehingga inilah yang terjadi dan itu tidak boleh kita biarkan", tambah dia.

Taslim menyebut proses investasi di Morowali harus mendapat atensi serius dari para stakeholders. Hal itu menurutnya sebagai upaya nyata agar investasi yang berjalan di Morowali benar-benar membawa dampak positif bagi daerah tanpa merugikan masyarakat.
 
"Investasi di Morowali harus tetap berjalan dan tidak boleh merugikan masyarakat. Semoga hasil  dari tim lapangan kita bahas dan hasilkan rekomendasi untuk dipedomani", tandas Taslim.

WhatsApp Image 2022-09-13 at 12-30-07(1) - Copy
Diketahui, rakor dimoderatori oleh Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Ir. Rizal Badudin. Turut hadir di antaranya Kapolres Morowali, unsur Forkopimda Morowali, Kepala DLHD Kabupaten Morowali, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  lingkup Pemkab Morowali, Camat Bungku Pesisir, Kepala Desa dan sejumlah perwakilan dari instansi vertikal.

Berita Terkait

wakil-bupati-morowali-buka-kegiatan-pendidikan-dan-pelatihan-koperasian

Wakil Bupati Morowali Buka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Koperasian

  Morowalikab.go.id-Bungku- Wakil Bupati Morowali Dr.H.Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd membuka langsung acara pelatihan Perkoperasian bagi Koperasi Yang Wilayah Keanggotaannya Dalam Daerah Kabupaten Morowali, di Aula Losmen Amanah, Desa Ipi Senin (

resmikan-gedung-baru-puskesmas-ulunambo-bupati-harap-tingkatkan-pelayanan

Resmikan Gedung Baru Puskesmas Ulunambo, Bupati Harap Tingkatkan Pelayanan

Morowalikab.go.id-Menui Kepulauan- Bupati Morowali Drs. Taslim meresmikan gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) baru di Desa Ulunambo Kecamatan Menui Kepulauan, Sabtu (17/12/2022). Gedung baru tersebut adalah Gedung IGD PONED (Pelayan

peringati-hut-tni-ke-75-bupati-dan-wabup-morowali-hadiri-upacara-di-makodim-1311mrw

Peringati HUT TNI Ke-75, Bupati dan Wabup Morowali Hadiri Upacara di Makodim 1311/Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-75, Bupati Morowali, Drs. Taslim bersama Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd menghadiri upacara di Markas Kodim 1311/Mo

tp-pkk-kabupaten-morowali-sukses-gelar-jambore-kader-pkk-2024

TP-PKK Kabupaten Morowali, Sukses Gelar Jambore Kader PKK 2024.

  Morowalikab.go.id-Bungku- Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Morowali sukses menggelar Jambore Kader PKK tahun 2024 dengan penuh kemeriahan. Sabtu (06/07)   Mengusung Tema " Bergerak Cepat, Bekerja Ikhl

mtq-ke-28-tkt-prov-sulteng-tujuh-peserta-kafilah-morowali-tampil-dihari-ketiga

MTQ ke-28, Tkt Prov Sulteng, Tujuh Peserta Kafilah Morowali Tampil dihari Ketiga

Salakan – morowalikab.go.id - Memasuki lomba hari ketiga, tujuh peserta Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Kota Salakan Kabupaten Banggai Kepulauan perwakilan Kabupaten Morowali tampil memuaskan pada Kami