Semarak HUT Morowali ke-23, FK Unhas Sukses Gelar Baksos di Morowali

  Jumat 02 Desember 2022   Winda Bestari     912

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-10-58

Morowalikab.go.id - Bungku - Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, sukses melaksanakan kegiatan bakti sosial di sejumlah titik di Kabupaten Morowali. Kegiatan baksos tersebut  berlangsung lancar selama dua (2) hari mulai Kamis sampai dengan Jumat (01 s.d 02/12/2022). 

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-07-43

Diketahui, baksos digelar sebagai wujud pengabdian masyarakat yang menjadi bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka menyambut dan memeriahkan hari jadi Kabupaten Morowali yang ke-23, sekaligus sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap program peningkatan layanan kesehatan masyarakat untuk memantapkan visi sejahtera bersama di Kab. Morowali.

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-06-29 (1)

Sebanyak 44 tenaga dokter ahli terlibat dalam pelaksanaan baksos yang dikoordinir langsung oleh Manajer Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) FK Unhas, Dr. dr. AM Takdir Musbah Sp.An, KMN-FIPM. Pelaksanaan baksos tersebut digelar di sejumlah titik di antaranya RS Salabangka Paku, RSUD Morowali, Ruang Pola Kantor Bupati dan SMA Negeri II Bungku Tengah.

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-10-57

Adapun beberapa rangkaian kegiatan dalam baksos yakni Focus Group Discussion penyuluhan kesehatan tentang tumor kolorektal (tumor usus besar), identifikasi stunting pada ibu hamil yang berdampak pada bayi, penyuluhan stunting pada anak, sosialisasi kesehatan mental, pelatihan singkat penanganan kebidanan dalam rangka peningkatan kualitas SDM dan pelayanan subspesialistik rawat jalan serta tindakan operasi  bibir sumbing dan operasi tumor.

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-08-46

Dekan Fakultas Kedokteran Unhas Makassar, Prof. DR. dr. Haerani Rasyid, M.Kes, SpPD., K-GH., SpGK., FINASIM., mengaku pihaknya senang dan berbangga hati telah berkontribusi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Morowali. Hal tersebut menurutnya sebagai upaya kerjasama yang terjalin dengan baik antara FK Unhas bersama Pemda Morowali.

"Kegiatan ini sungguh luarbiasa, di RS Paku ada sekitar 500 pasien yang jika tidak dihentikan pelayanan mungkin jumlahnya lebih banyak lagi. Alhamdulillah teman-teman bisa bekerja dengan penuh keramahan dan sosialnya mereka mengabdikan diri untuk membantu masyarakat. Dan hari inipun alhamdulillah tim kami masih memberikan pelayanan dalam bentuk operasi di RSUD Morowali. Kasus jiwa disini juga ternyata cukup tinggi. Cukup banyak pasien yang mengalami depresi atau kecemasan yang ada di RS Morowali", terangnya.

"Kami berbangga dengan datangnya kami disini bisa melakukan bantuan. Dari hati kecil kami, kami datang dengan ketulusan untuk memberikan sumbangsih sebagai bentuk kerjasama kita selama ini", tandas dia.

WhatsApp Image 2022-12-01 at 23-01-33 (2)

Sementara itu Bupati Morowali, Drs. Taslim mengungkapkan apresiasi dan rasa terimakasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran civitas akademika FK Unhas yang turut berperan dalam pelaksanaan baksos. Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat menjadi agenda rutin setiap tahunnya agar masyarakat Morowali dapat mengakses pelayanan kesehatan secara optimal dan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya kesehatan.

"Terimakasih setinggi-tingginya telah berkenan hadir di Morowali untuk melakukan Baksos. Alhamdulillah masyarakat antusias sekali dalam memanfaatkan dengan baik penyelenggaraan baksos ini. Harapannya, kegiatan ini menjadi agenda rutin setiap tahun dan membantu kami memberikan pemahaman masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan dan bagimana mereka bisa menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah di sektor kesehatan", tutur Bupati Morowali, Drs. Taslim di Ruang Pola Kantor Bupati, Jumat (02/12/2022).

WhatsApp Image 2022-12-01 at 22-07-44

Hal senada diutarakan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali, dr. Agus S. Partang, menuturkan terimakasih kepada Dekan FK Unhas dan tim yang telah memberikan pelayanan spesialistik kepada masyarakat Morowali. Selain itu ia juga berterimakasih atas dukungan yang diberikan kepada Pemkab Morowali dalam pemenuhan tenaga ahli di bidang kesehatan guna meningkatkan pelayanan bagi masyarakat.

"Terimakasih kepada Dekan FK Unhas, Manajer PPDS beserta tim yang telah bekerjasama dalam memberikan pelayanan spesialistik kepada masyarakat Morowali. Terimakasih juga telah memberikan kontribusi dalam memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan dokter ahli dan mendidik para dokter yang berasal dari Kab. Morowali demi memenuhi kebutuhan nakes dokter ahli di Morowali", pungkas Agus.

Berita Terkait

bupati-morowali-resmi-tutup-pameran-masagena-expo-peringatan-hari-jadi-morowali-ke-23

Bupati Morowali Resmi Tutup Pameran Masagena Expo Peringatan Hari Jadi Morowali ke-23

Morowalikab.go.id - Bungku - Bupati Morowali, Drs. Taslim secara resmi menutup pameran Masagena Expo peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Morowali ke-23, di Alun-Alun Rujab, Desa Matansala, Sabtu (10/12/2022) malam. Penutupan dilakukan denga

sekda-morowali-pimpin-upacara-bulan-k3-nasional-di-pt-vale-indonesia-tbk

Sekda Morowali Pimpin Upacara Bulan K3 Nasional di PT Vale Indonesia Tbk.

Morowalikab.go.id-Bungku- Sekretaris Daerah Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si Pimpin Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)  Nasional, di Pelataran  IGP Site Morowali Construction Office PT. Vale Indonesia T

dprd-setujui-5-buah-ranperda-sekda-sampaikan-pendapat-akhir-bupati-morowali

DPRD Setujui 5 Buah Ranperda, Sekda Sampaikan Pendapat Akhir Bupati Morowali

Morowalikab.go.id, Bungku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar Rapat Paripurna ke-14 Tahun Sidang 2022-2023, Rabu (23/11/22). Rapat yang berlangsung di Ruang Sidang DPRD, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, m

pemkab-morowali-teken-mou-dengan-pln

PEMKAB MOROWALI TEKEN MOU DENGAN PLN

Morowalikab.go.id-Bungku- Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan infrastruktur daerah, sehingga mengurangi kesenjangan wilayah dan terciptanya kehidupan masyarakat yang harmonis dan bahagia, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali

pj-bupati-rachmansyah-ismail-buka-rakor-dan-sinkronisasi-program-p2kb-se-sulawesi-tengah-di-kabupaten-morowali

Pj Bupati Rachmansyah Ismail Buka Rakor dan Sinkronisasi Program P2KB se Sulawesi Tengah di Kabupaten Morowali

Morowalikab.go.id -Bungku- Penjabat Bupati Morowali, Ir.H.A.Rachmansyah Ismail, M.Agr.,MP membuka secara resmi rapat koordinasi dan sinkronisasi program bangga kencana Tahun 2024 dan Rencana Program Tahun 2025 Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga