Jaga Kerukunan Antar Umat, FKUB Sulteng Gelar Dialog Lintas Agama di Morowali

  Kamis 15 Juni 2023   Ketut Suta     446

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM Morowalikab.go.id, Bungku - Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Dialog Lintas Agama di Aula Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu (PLHUT) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Morowali, Desa Bente, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (15/6/2023).

Kunjungan kerja (Kunker) FKUB Sulteng dan pelaksanaan dialog bersama pemerintah dan tokoh agama itu mengusung tema, "Penerapan Moderasi Beragama Untuk Menjaga Kerukunan Antar Umat Beragama di Kabupaten Morowali".

Hadir diacara tersebut, Ketua FKUB Sulteng diwakili Sekretaris, H. Muh. Munif Godal, Ma,.Ketua FKUB Morowali, Drs. Abdul Manan,  Kaban Kesbangpol Morowali diwakili Kabid Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Agama dan Ormas, Zulkifli, SE.MM, para tokoh agama di Morowali, tamu undangan lainnya, serta para narasumber.

Sekretaris FKUB Sulteng menyampaikan, kunjungan kerja terkait sosialisasi dan dialog ini tidak hanya digelar di Morowali, namun kabupaten lain juga menjadi sasaran pengurus FKUB Sulteng untuk menggelar kegiatan yang sama, dalam rangka agar moderasi beragama menjadi hal yang dijunjung dan melekat dalam keseharian.

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM (1) Karena sebagai umat, tentunya memiliki pemahaman dan pemikiran yang sama, bahwa sikap terkandung dalam moderasi adalah bagian yang diajarkan oleh masing-masing setiap agama. Seperti sikap saling menghormati, menyayangi, dan menjaga hubungan satu dengan yang lainnya.

"Harapannya melalui pertemuan ini, kami membuka ruang dialog, Insya Allah dalam dialog nanti para tokoh agama yang hadir ini bisa saling bertukar pikiran, agar bagaimana kerukunan ini bisa menjadi hal yang harus kita jaga bersama hingga ke depan," ujar  H. Muh. Munif Godal.

"Selain itu, pertemuan ini semoga bisa melahirkan beberapa keputusan atau kesepakatan dan masukan dari para tokoh agama yang hadir, sehingga dapat diserap oleh FKUB Sulteng untuk segera ditindaklanjuti," tuturnya menambahkan.

Dia juga menambahkan, bertepatan pada hari ini, sebelumnya FKUB Sulteng juga telah melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah yang ada di Morowali, dalam rangka melakukan sosialisasi terkait moderasi beragama kepada para siswa.

WhatsApp Image 2023-06-15 at 5-08-17 PM (2) Sementara pada kesempatan yang sama, Ketua FKUB Morowali mengucapkan rasa terimakasih atas kegiatan ini dan mengucapkan selamat datang kepada rombongan dari FKUB Sulteng di Bumi Tepe asa Moroso.

Adapun acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari para Narasumber, yang selanjutnya diakhiri dengan sesi tanya jawab atau diskusi.

Berita Terkait

sukseskan-si-jamsostek-palariz-dpmptsp-morowali-tandatangani-mou-dengan-bpjs-ketenagakerjaan

Sukseskan Si Jamsostek Palariz, DPMPTSP Morowali Tandatangani MoU dengan BPJS Ketenagakerjaan

morowalikab.go.id - Bungku - Rabu, (16/06) bertempat di Cafe dan Resto Ba'a Desa Ipi, digelar penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau nota kesepahaman antara Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten

workshop-pencegahan-perkawinan-usia-anak-untuk-penurunan-resiko-stunting-kabupaten-morowali-digelar

Workshop Pencegahan Perkawinan Usia Anak Untuk Penurunan Resiko Stunting Kabupaten Morowali, Digelar

Morowalikab.go.id-Bungku- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Provinsi Sulawesi Tengah menyelenggarakan Workshop Pencegahan Perkawinan Usia Anak Untuk Penurunan Resiko Stunting Kabupaten Morowali, Senin (20/02/23).   Aca

pemkab-morowali-dengan-pt-optimus-teknologi-pro-jalin-kerjasama-colocation-server-di-jakarta

Pemkab Morowali dengan PT Optimus Teknologi Pro Jalin Kerjasama Colocation Server di Jakarta

Morowalikab.go.id, Jakarta - [Reapload, Jumat 19/1/2024]- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali melalui Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan PT Optimus Teknologi Pro menandatangani kontrak kerjasama “Colocation Server”

resmi-buka-inia-ea-cup-2022-bupati-morowali-dukung-pembangunan-di-larobenu

Resmi Buka Inia Ea Cup 2022, Bupati Morowali Dukung Pembangunan di Larobenu

Morowalikab.go.id - Bungku Barat - Bupati Morowali, Drs. Taslim resmi membuka Inia Ea Cup Pekan Olahraga Desa Larobenu 2022 di Pantai Pesarapua Desa Larobenu, Minggu (15/05/2022).  Acara yang bakal dihelat selama sepekan (15 hingga 24 Mei 2022

peringati-hari-bhayangkara-ke-78-rachmansyah-ismail-turut-menyerahkan-penghargaan-kapolres-morowali-kepada-6-personil-morowali-berprestasi

Peringati Hari Bhayangkara ke-78, Rachmansyah Ismail Turut Menyerahkan Penghargaan Kapolres Morowali kepada 6 Personil Polres Morowali berprestasi

Morowalikab.go.id – Bungku - Penjabat (PJ) Bupati Morowali, Ir. H. A. Rachmansyah Ismail, M.Agr, MP, didampingi Kapolres Morowali, AKBP. Supriyanto, turut menyerahkan penghargaan Kapolres Morowali kepada 6 orang personil Morowali berprestasi