Sukses Launching Proyek Perubahan SI JAMSOSTEK LAPARIZ, Ini Penyampaian Kadis DPMPTSP Morowali

  Rabu 30 Juni 2021   Octaviana Latong     3166

Morowalikab.go.id-Bungku- Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Morowali Drs. Yusman Mahbub, M.Si mengaku sangat bersyukur, bahwa proyek perubahan yang diusung pada Diklat PIM II , Aplikasi integrasi sistem pelayanan jaminan sosial dan ketenagakerjaan, pajak dalam pelayanan perizinan”“SI JAMSOSTEK LAPARIZ” sebagai tahapan salah satu pelaksanaan tugas, telah Launching. Acara berlangsung  di Ruang Aula Kantor Bupati Morowali, Rabu (30/06) .

WhatsApp Image 2021-06-30 at 15-50-47

"Alhamdulillah berkat dukungan banyak pihak, terkhusus Bupati Morowali Drs. Taslim dan Wakil Bupati Morowali Dr. Najamudin, Kepala KP2KP Kabupaten Morowali Amor Palulu, S.E, Kepala, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Morowali Dwi Ari Wibowo, Kepala OPD Pemkab Morowali serta ASN Pemkab Morowali, dimana pada akhirnya saya bersama Tim Proyek Perubahan sebagai salah satu Peserta Diklat PIM II Angkatan Tahun 2021 dapat melaksanakan Launching Aplikasi Si Jamsostek Lapariz,  sebagai Tahap akhir dalam pelaksanaan Tugas Proyek Perubahan” Ungakpnya.

Melalui pemaparannya, Yusman menjelaskan bahwa tugas pokok dan fungsi DPMPTSP yaitu seusai dengan petunjuk Peraturan Bupati Nomor 18 Tahun 2017 tentang tugas, fungsi dan tata kerja DPMPTSP dalam menyusun, melaksanakan dan menetapkan kebijakan-kebijakan daerah pelayanan perizinan serta pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan bupati pada bidang penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. Dalam hal ini, Kabupaten Morowali melalui DPM-PTSP mengembangkan sistem SI JAMSOSTEK PALARIZ yang mengitegrasikan DPMPTSP dengan BPJS ketenagakerjaan dan kantor pelayanan, penyuluhan, dan konsultasi perpajakan, sebagai solusi peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

IKS_5630-min

Dikatakannya, Tujuan utama sistem integrasi ini adalah menyederhanakan alur pengurusan  BPJS ketenagakerjaan, memastikan setiap tenaga kerja di Kabupaten Morowali mendapatkan Perlindungan sosial, penanganan awal terhadap permasalahan konfirmasi status wajib pajak (KSWP) pada sistem OSS RBA Bandan koordinasi penanaman modal Republik Indonesia. “ semua ini  demi mensuskseskan visi, misi Bupati Morowali yakni menuju Morowali sejahtera Bersama.”

“ Pada 4  bulan berjalan ini, kami diberikan target untuk mengintegrasikan dua (2) PNS/OPD pada Instansi tertentu “Alhamdulillah sudah dilaksanakan”. Selain itu Kami juga sudah melaksanakan pembangunan cipta kerja sebagaimana BP Nomor 6 Pasal 8 bahwa DPMPTS secara rangkap harus mengintegrasikan pelayanan kepada seluruh OPD/instansi. Perlu diketahui Bersama bahwa Aplikasi ini merupakan salah satunya inovasi  yang baru berada di Sulwesi Tengah, Ketiga Se Indonesia "Pungkasnya.

Sementara itu, Kepala KP2KP Kabupaten Morowali Amor Palulu, S.E, menyampaikan apresiasi terhadap apa yang telah digagas oleh Kadis DPM PTSP, yang mana beliau telah menciptakan suatu proyek perubahan sistem pelayanan yang terintegrasi antara dinas DPMPTSP dengan kantor Pajak & Jamsostek.

“ Dinas DPMPTSP dan kantor pelayanan pajak sama-sama melakukan tugas pokok untuk melayani/pelayanan kepada masyarakat. Diketahui Dalam pelayanan pemberian izin kepada masyarakat di dinas PMPTSP, wajib hukumnya untuk konfirmasi status WP melalui sistem yang Namanya OSS, maksudnya apabila perusahaan atau masyarakat yangakan mengurus surat izin di DPMPTSP harus didahului dengan konfirmasi status WP (KSWP) dimana laporan WP dan bulanan ataupun mempunyai hutang Pajak maka WP tersebut harus menyelesaikan administrasi tersebut di kantor pajak. Sehingga izin yang akan dikeluarkan oleh DPMPTSP tersebut tidak akan keluar apabila syarat dimaksud tidak terpenuhi. Dengan itu hal ini bertujuan untuk memotong rantai pelayanan agar lebih cepat, terarah dan terukur dengan menciptakan suatu layanan sistem yang terintegrasi melalui website yang diakses nantinya oleh DPMPTSP dan Kantor PAjak serta wajib pajak sehingga wajib pajak tidak perlu untuk kekantir pajak , cukup dengan mengakses Website SI JAMSOSTEK LAPIRIZ tersebut.” Pungkas Kepala KP2KP Kabupaten Morowali.

IKS_5699-min

Hal senada disampaikan oleh, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Morowali Dwi Ari Wibowo sangat mengapresiasi inovasi terbaru yakni proyek perubahan dari Kadis PMPTSP Drs. Yusman Mahbub melalui system ini diharapkan terciptanya kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan pihak BPJS ketenagakerjaan agar mendorong terwujudnya integrasi jamsostek dalam percepatan pelayanan perizinan.

Dikesempatan yang sama, Bupati Morowali Drs. Taslim dalam sambutannya berharap kepada semua pimpinan OPD, Masyarakat serta seluruh pihak terkait,  kiranya turut mendukung inovasi yang dihasilkan oleh para peserta Diklat PIM II tersebut.

“ Saya (red:Pemerintah) berharap Melalui kegiatan launching implementasi proyek perubahan hari ini, dapat diresapi sebagai sebuah tonggak penting untuk membangun komitmen dan integritas kita sehingga mampu membawa hasil yang bisa mendatangkan manfaat bagi masyarakat dan pemerintah daerah melalui karya-karya inovasinya. Untuk itu, Dukungan kita semua akan memberi energi positif bagi seluruh pegawai untuk terus berinovasi dan berkarya dalam merespon harapan masyarakat yang dititipkan pada pundak saudara-saudara selaku Aparatur Sipil Negara”.Pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Morowali Drs. Taslim, Sekertaris Daerah Pemkab Morowali H.Djafar Hamid, MM, Kepala KP2KP Kabupaten Morowali Amor Palulu, S.E, Kepala, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Morowali Dwi Ari Wibowo, Kepala OPD Pempab Morowali serta ASN Pemkab Morowali.

Usai sambutan Bupati Morowali, dilanjutkan dengan pembukaan launcing dengan penandatanganan pada piagam proyek perubahan SI Jamsostek Lapariz.  

IKS_5678-min 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

tim-reaksi-cepat-tanggap-darurat-dinkes-beri-layanan-kesehatan-bagi-pengungsi-korban-banjir

Tim Reaksi Cepat Tanggap Darurat Dinkes Beri Layanan Kesehatan Bagi Pengungsi Korban Banjir

PPID - morowalikab.go.id - One Pute Jaya - Pascabanjir yang menerjang sejumlah daerah di Kabupaten Morowali, khususnya wilayah Kec. Bahodopi dan Kec. Bungku Timur, para pengungsi yang berasal dari Desa Dampala dan Desa Lele Masih mendiami posko - pos

pemkab-morowali-gelar-seminar-akhir-penyusunan-ssh-hspk-dan-analisis-satuan-biaya-tahun-2023

Pemkab Morowali Gelar Seminar Akhir Penyusunan SSH, HSPK dan Analisis Satuan Biaya Tahun 2023.

Morowalikab.go.id, Bungku, Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali, melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo Kendari menggelar Seminar Laporan Akhir Penyusunan Standar Satuan Harga (SSH), Har

jawaban-bupati-morowali-atas-pandangan-umum-fraksi-fraksi-terhadap-nota-keuangan-rapbd-perubahan-ta-2020

Bupati Morowali Jawab Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Terhadap Nota Keuangan RAPBD Perubahan TA 2020

Morowalikab.go.id, Bungku, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali, menggelar Rapat Paripurna ke-4 masa persidangan 1 Tahun Sidang 2020-2021 di Ruang Sidang DPRD, Senin (13/09/20). Rapat dengan agenda mendengarkan jawaban Bupati

drs-taslim-sinergikan-visi-dan-misi-bupati-dalam-penyusunan-rpjmd-2019-2023

Drs. TASLIM: SINERGIKAN VISI DAN MISI BUPATI DALAM PENYUSUNAN RPJMD 2019-2023

Bungku : morowalikab.go.id - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) merupakan penjabaran dari visi, misi, dan program Kepala Daerah yang memuat tujuan, sasaran, strategi arah kebijakan pembangunan daerah dan keuangan daerah serta program

via-zoom-miting-wabup-morowali-hadiri-rakor-eskalasi-covid-19-se-sulteng

Via Zoom Meeting, Wabup Morowali Hadiri Rakor Eskalasi Covid-19 Se-Sulteng

Morowalikab.go.id, Bungku, Menindaklanjuti perkembangan kasus konfirmasi positif COVID 19, Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) eskalasi Covid-19 pada Senin (050/7/21). Rapat yang dihadiri seluruh Kepala Daerah,