Ciptakan Sinergi dan Kolaborasi APIP, Inspektorat Daerah Ikuti Rakorwasdanas Tahun 2020

  Kamis 03 September 2020   helman kaimu     683

1

Morowali, IKP Kominfo, Untuk melaksanakan ketentuan Pasal 11 Ayat (1) Peraturan Pemerintah  Nomor 12 Tahun 2017 tentang Pembinaan dan Pengawasan Penyelenggaraann Pemerintahan Daerah, Pemerintah Daerah melalui Inspektorat Daerah mengikuti Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2020 secara virtual.

Rakor diikuti Sekretaris Inspektorat Daerah Kabupaten Morowali, Nur Alam, S.Pd., M.Pd, dan  didampingi para Irban serta jajarannya bertempat di Ruang Kerja Bupati Morowali, Kamis (03/09/20).

Kegiatan dibuka oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D, diikuti Kepala Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia (BPKP RI), Muhammad Yusuf, M.BA,  Inspektur Jenderal Kementerian/Lembaga dan seluruh Inspektur Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota se- Indonesia.

2

Sebagai penyelenggara kegiatan, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Tumpak Haposan Simanjuntak dalam laporannya  mengatakan bahwa pelaksanaan Rakorwasdanas adalah tindak lanjut untuk mengkoordinasikan Tim Pengawas Pemerintah Daerah secara Nasional.

‘’Kegiatan ini dilatar belakangi oleh bertambahnya intensitas tugas Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) dimasa pandemi Covid-19 terutama dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) baik dengan metode reguler maupun metode yang disesuaikan dengan dinamika objektifitas. Olehnya dengan Rakor ini, diperlukan kolaborasi antara APIP tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota,’’ ujar Tumpak Haposan Simanjuntak.

Sementara itu, Kemendagri, H. Muhammad Tito Karnavian menyebutkan bahwa kegiatan ini merupakan momen penting dalam membuat Nota Kesepahaman dalam rangka koordinasi pelaksanaan supervisi, kegiatan pengawasan kegiatan Pemda dan meningkatkan kapabilitas aparat pengawasan Pemerintah.

‘’Dengan adanya nota kesepahaman ini, BPKP dan Jajaran Inspektorat Kemendagri menjadi lebih kuat dengan Pemda, karena BPKP dan APIP adalah Instrumen pertama yang melakukan penyaring sehingga tidak terjadi penyimpangan. Olehnya ukuran keberhasilan sebagai APIP bukan dihitung dari banyaknya temuan tapi karena tidak adanya yang menyimpang,’’ jelas mantan Kapolri tersebut.

Selain itu, Lanjut Tito, kegiatan ini, juga membahas upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dimasa Pandemi Covid-19 dan pelaksanaan pendaftaran Pasangan Calon Kepala Daerah yang akan diselenggarakan pada 9 Desember 2020.

‘’Rakor ini selain membahas penguatan APIP juga menyusun strategi upaya Pemulihan Ekonomi Nasional dan pelaksanaan pilkada serentak 9 Desember 2020. Untuk Pilkada pada saat pendaftaran Calon Kepala Daerah di Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak dibenarkan mengumpul massa yang banyak dan juga dilarang arak-arakan ataupun konvoi. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran Covid-19,’’ tegas Muhammad Tito Karnavian.

Rakor dengan tema  ‘’Sinergi dan Kolaborasi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) Dalam Mengawal Pemulihan Ekonomi Nasional dan Sukses Pilkada Serentak 2020 di Daerah,’’ mengagendakan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Kemendagri dan Kepala BPKP RI Tentang Koordinasi Tugas dan Fungsi Pengawasan, penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Berita Terkait

wabup-morowali-launching-dua-inovasi-daerah

Wabup Morowali Launching Dua Inovasi Daerah

  Morowali, IKP Kominfo, Inovasi Daerah yang digagas di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Morowali merupakan perwujudan dari Visi dan Misi Pemerintah Daerah. Hadirnya sejumlah Inovasi bertujuan

hut-pgri-ke-74-dan-hgn-bupati-morowali-bacakan-pidato-mendikbud

HUT PGRI Ke-74 dan HGN, Bupati Morowali Bacakan Pidato Mendikbud

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 di Alun-alun Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Moro

sinergitas-tiga-pilar-bangun-daerah-polres-morowali-gelar-jumpa-pers

Sinergitas Tiga Pilar Bangun Daerah, Polres Morowali Gelar Jumpa Pers

BUNGKU, morowalikab.go.id, Polres Morowali bersama Pemda Morowali dan Insan Pers menggelar pertemuan tiga pilar di Kafe Mako Polres Morowali, Kompleks Perkantoran Fonuasingko, Desa Bente Kecamatan Bungku Tengah, Rabu (31/03/21). Pertemuan tersebu

pemkab-morowali-terima-predikat-wtp-tiga-kali-berturut-turut-dari-bpk-ri-perwakilan-sulteng

Pemkab Morowali Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut-Turut Dari BPK RI Perwakilan Sulteng

Morowalikab.go.id, Palu, Bupati Morowali Drs. Taslim bersama Ketua DPRD Kabupaten Morowali, Kuswandi, menerima dokumen Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 di Aula Kantor BPK Perwa

majukan-daerah-makmurkan-rumah-rumah-ibadah

MAJUKAN DAERAH, MAKMURKAN RUMAH-RUMAH IBADAH

Morowalikab.go.id: menjelang berakhirnya purna bakti Bupati Morowali Drs. H. Anwar Hafid, M.Si dan Wakil Bupati Drs. SU. Marunduh, M.Hum serta Ketua dan Wakil Ketua PKK, Ny. Ir. Sri Nirwanti Bahasoan dan Ny. Carolina Atta Marunduh, seluruh OPD lingku