Home / Pemerintahan / BPK RI Perwakilan Sulteng Gelar Entry Meeting Dengan Pemkab Morowali

BPK RI Perwakilan Sulteng Gelar Entry Meeting Dengan Pemkab Morowali

Morowalikab.go.id – BUNGKU – Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Sulawesi Tengah gelar entry meeting tentang “Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Kabupaten Morowali Tahun 2018”. Pertemuan dilaksanakan di ruang rapat Kantor Bupati Morowali, pada hari kamis, (14/2/19) dihadiri langsung Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd.

Selain dihadiri oleh Wakil Bupati Morowali, DR. H. Najamudin S.Ag, S.Pd, M.Pd, rapat juga dihadiri oleh Inspektur Inspektorat, Afridin, SH, M.S.A, Sekertaris BPKAD, Badiu Samad ST, M.M, dan seluruh Pimpinan OPD lingkup Pemda Kab. Morowali. Hadir juga dalam rapat tersebut seluruh bendahara, PPK, dan PPTK. Adapun Tim BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah, diantaranya: sebagai Penanggung Jawab Muhaimin, S.H, M.Si,  Wakil Penanggung Jawab, Eko Yulianto, S.E, M.Sc.CA, Pengendali Teknis, Deden Masruri, S.E, M.Ak, Ketua Tim, Odipong Sep, S.E, MM,CA.Ak, Anggota Tim, Dewi Fatmawaty, S.H, Mochamad Yahdi Khairin, S.E, Tria Dwi Kartika, A.Md.Ak.

Dalam arahannya, Wakil Bupati Morowali, H. Najamudin mengatakan bahwa kedatangan Tim BPK RI Perwakilan Sulawesi Tengah dalam rangka pemeriksaan awal atas laporan keuangan Kabupaten Morowali Tahun 2018. Tim berada di Kab. Morowali selama kurang lebih 30 hari, dan mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap perjalanan dinas, gaji pegawai dan proyek fisik yang dikerjakan di Tahun 2018. “Karena itu, kepada semua bendahara, PPK, dan PPTK agar serius menyiapkan laporan pertanggung jawaban, dan di harapkan agar bekerja secara jernih, serius dan cermat, serta tidak diperkenankan meninggalkan daerah selama proses pemeriksaan berlangsung, kecuali atas ijin pimpinan”, demikian ujah Wabup.

“Kami sebagai pemerintah daerah sangat berharap agar pemeriksaan laporan keuangan ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk perbaikan dalam pengelolaan keuangan derah di tahun-tahun mendatang, sehingga harapannya Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kembali diraih Kab. Morowali”, ujar Najamudin.

Pengendali Teknis, Deden Masruri, S.E.,M.Ak.,Ak mengatakan bahwa pemeriksaan laporan keuangan oleh BPK RI harus selalu transparan dalam arti selalu berdasarkan standar akutansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan undang-undang dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI). Deden Masruri mengingatkan bahwa Pemda Kab. Morowali pernah berada pada puncak penilaian yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Tahun 2015 dan 2016. Tapi di tahun 2017 Pemda Kab. Morowali “tergelincir” satu tingkat ke Wajar Dengan Pengecualian (WDP). “Semoga di Tahun 2018 ini Pemda Kab. Morowali tidak tergelincir lagi”, kata Deden Masruri.

Lanjut Deden Masruri, bahwa sasaran pemeriksaan dan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap SPI Entitas yaitu, tindak lanjut hasil pemeriksaan, SPI tingkat entitas, pemutakhiran penilaian  SPI, pengujian pengendalian dan subsentif, Pelaksanaan pemeriksaan LK kabupaten morowai  tahun 2018 melalui 2 tahap yaitu, Interim artinya sedang dilaksanakan 13 februari s.d 14 maret 2019 dan Terinci artinya akan dilaksanakan setelah LK tahun 2018 disampaikan kepada BPK, Ujar Deden Masruri. (Kominfo / k4r7 & tiya)

 

About Tiya Lestari

Check Also

Diskominfo, Persandian dan Statistik Gelar Sosialisasi Pelayanan Informasi Publik

PPID – morowalikab.go.id – Tolitoli. (Selasa, 16/07/19) Bertempat di Hotel Mitra Utama, Tolitoli, Dinas Komunikasi, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *