Home / Informatika / Wabup Morowali Sebut Musrenbang Kecamatan Jaring Aspirasi Masyarakat

Wabup Morowali Sebut Musrenbang Kecamatan Jaring Aspirasi Masyarakat

Bahonsuai – morowalikab.go.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Bumi Raya.

Kegiatan dengan tema ‘’Pengembangan Ekonomi Kerakyatan Melalui Penyediaan Sarana Produksi Pengelolaan Sumber Daya Alam Dan Peningkatan Infrastruktur Menuju Morowali Sejahtera Bersama’’  diikuti Kades dan BPD se-Kecamatan Bumi Raya.

Musrenbang merupakan proses perencanaan pembangunan untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi di Desa dan Kecamatan dengan mengacu pada Visi dan Misi Pemerintah Daerah. Hal ini dikatakan Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, saat membuka Musrenbang Tingkat Kecamatan Bumi Raya, di Gedung Serbaguna Desa Bahonsuai, Selasa (11/02/20).

Mantan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Poso tersebut mengungkapkan dalam proses penjaringan aspirasi ada sejumlah program skala prioritas Pemda pada perencanaan pembangunan lima tahun kedepan yang akan dirancang oleh Bappeda selaku leading sector perencanaan pembangunan daerah.

‘’Program yang tertuang dalam Visi dan Misi Pemda  yang menjadi acuan rencana pembangunan lima tahun kedepan antara lain: Menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Governmenance) melalui peningkatan kapabilitas, profesionalitas, dan kesejahteraan aparatur pemerintah. Meningkatkan pengembangan sumber daya alam guna peningkatan PAD dengan melibatkan usaha kecil/menengah dan koperasi agar lebih bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan menyerap tenaga kerja lokal dengan tetap menjaga iklim investasi yang baik dan kelestarian alam. Meningkatkan pelayanan pendidikan yang lebih berkualitas melalui pembiayaan pendidikan gratis, peningkatan kuantitas dan kualitas tenaga pengajar, pemberian beasiswa dan penambahan sarana pendidikan guna menciptakan SDM yang cerdas, kreatif, inovatif dan bertaqwa. Meningkatkan pelayanan kesehatan melalui pembiayaan gratis, peningkatan kuantitas dan kualitas fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan dan ketersediaan obat yang berkualitas, serta mendorong kebersihan, kesehatan dan keindahan lingkungan agar tercipta suasana sehat dan nyaman. Meningkatkan produksi pangan melalui peningkatan dan pengembangan bidang infrastruktur pertanian, peternakan, perikanan, kehutanan dan kelautan yang didukung oleh kemudahan modal usaha dan teknologi tepat guna agar tercipta kepastian harga dan pasar. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui peningkatan fasilitas air bersih, listrik, fasilitas olahraga, perumahan, objek wisata, serta seni dan budaya sehingga tercipta kehidupan masyarakat yang harmonis dan bahagia. Mendorong kehidupan masyarakat yang beriman dan bertaqwa melalui peningkatan pembinaan agama, sarana dan prasarana tempat ibadah sehingga tercipta kerukunan hidup antar umat beragama,’’ urai Najamudin.

Najamudin menambahkan, sejahtera bersama adalah tujuan pemerintahan kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Morowali. ‘’Musrembang ini betul-betul menampung aspirasi masyarakat dari desa sampai dengan kecamatan. Ini akan kita sinkronkan pada saat pelaksanaan Musrenbang kabupaten nantinya dengan cara memperkuat sekaligus mengawal program yang sudah dimusyawarakan pada tingkat kecamatan, sehingga program yang diusulkan bisa terakomodir sesuai dengan harapan kita bersama, sehingga bisa terwujud kesejahteraan bersama’’ tandasnya.

Hadir dalam kegiatan dimaksud, anggota Komisi II DPRD Kabupaten Morowali, Rauf dan Abdul Muin. Selain itu hadir pula, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Siti Samria Sia, S.I.P, Kadis PMDP3A, Alamsyah, S.STP., M.Ec. Dev, Camat Bumi Raya, Abd. Malik Hafid, S.Hi., M.Si, Kapolsek Bumi Raya, IPDA Iskandar, serta OPD Pendamping diantaranya Bappeda, Dinas Perikanan, Disporapar, Dinas Perumahan, beserta seluruh jajaran tim II Musrembang Kecamatan Tahun 2020.

Sumber: (Foto/Reporter IKP Kominfo: HK)

About helman kaimu

Check Also

Dukung Percepatan Pembangunan Smart City, Diskop dan UMKM Morowali Genjot Pembangunan Sarana dan Prasarana UMKM

Bungku – morowalikab.go.id – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop dan UMKM) Daerah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *