Home / Pemerintahan / Wabup H. Najamudin, Sampaikan Salam itu Penghormatan dan Doa

Wabup H. Najamudin, Sampaikan Salam itu Penghormatan dan Doa

PPID – Morowalikab.go.id – Bungku. RSUD Kab. Morowali menggelar acara halal bihalal di pelataran gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) terpadu, (Sabtu, 19/06/19). Acara halal bi halal ini merupakan rangkaian syukuran atas Idul Fitri 1440 H dan peresmian gedung IBS RSUD Kab. Morowali. Halal bi halal di gelar dengan tujuan agar lebih melekatkan serta mempererat wadah tali silaturahmi bagi sesama. Selaku penceramah Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag, S.Pd, M.Pd.

Dalam hikmah halal bi halal, Wakil Bupati, H. Najamudin menjelaskan bahwa salam adalah salah satu hal yang penting dalam Islam. Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa di antara kewajiban seorang muslim dengan muslim lainnya adalah mengucapkan salam. “Sehari semalam pun, umat Islam minimal mengucapkan salam sekurang-kurangnya lima kali. Salam juga menjadi salah satu rukun shalat yang dilakukan di ujung tahiyyat akhir”, jelasnya.

Lanjutnya, tanpa disadri oleh banyak orang, salam yang dimaksud adalah merupakan doa “Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh” yang artinya “semoga keselamatan, keberkahan, dan kasih sayang/rahmat dari Allah SWT menyertai anda/kalian. Jika di beri penghormatan dengan suatu penghormatan jawabannya dengan hal serupa misalnya, ada yang mengucapkan “Assalamu’alaikum”, maka minimal jawab “Wa’alaikum salam”, dan lebih baik lagi jika mejawab “Wa’alaikum salam warohmatullahi wabarokatuh”, ujarnya

H. Najamudin menambahkan, menjawab salam tidaklah sulit, karena dengan menjawab salam dapat memberikan pahala serta dapat menggugurkan dosa setiap umat manusia. Untuk itu ia berharap kepada seluruh instansi yang hadir, apabila bertemu di jalan dan dimanapun pandai-pandailah dalam memberi ucapan salam. Karena jika meninggalkan salam dalam sehari saja sama dengan kita meninggalkan sebuah kewajiban, karena salam yang di ucapkan memberikan makna keselamatan bagi kita semua, tutupnya.

Acara halal bi halal dirangkaikan dengan peresmian gedung IBS terpadu RSUD Kab. Morowali, dihadiri oleh Bupati Morowali dan Wakil Bupati Morowali, Drs. Taslim dan Dr. H. Najamudin S.Ag, S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD Kab. Morowali, Irwan Arya, S.Sos, Dandin 1311/Morowali, Letkol. Arh. Sabariyandu Kristian Saragih, Direktur RSUD Morowali, dr. Agus AS Partang Sp.B beserta jajaran, Kapolsek Bungku Tengah AKP. A. Rapar, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Morowali, Ny. Asnoni Taslim dan Ny. Nasriah serta seluruh Kepala OPD serta jajarannya di lingkup Pemda Morowali.

IKP/Tiya, Iksan

About Tiya Lestari

Check Also

Surat Bupati Morowali Nomor: 560/0369/BUP-TND/III/2020 tentang Penegasan Keputusan Pemda Kabupaten Morowali Kepada Pimpinan Perusahaan se- KabupatenMorowali.

Surat Bupati Morowali Nomor 560/0369/BUP-TND/III/2020   tentang Penegasan keputusan Pemda Morowali (klik Disini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *