Home / Pemerintahan / Verifikasi APBD-P, Capaian Pendapatan 28% Hingga Triwulan Ketiga 2019

Verifikasi APBD-P, Capaian Pendapatan 28% Hingga Triwulan Ketiga 2019

PPID / morowalikab.go.id / Bungku. (Senin, 02/08), Sekretaris Daerah Kab. Morowali, H. Jafar Hamid bertindak sebagai Pembina Apel, dalam apel pagi bersama setiap senin di Halaman Kantor Bupati Morowali. Bertindak selaku Pemimpin Apel, Heryanto dari Dinas Pol-PP. Apel bersama diikuti oleh para Staf Ahli, para Asisten, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kepala Bagian (Kabag), pejabat eselon 3 dan 4, serta seluruh staf / PHL lingkup Pemerintah Daerah Kab. Morowali.

Mengawali sambutannya, Sekda Morowali, mengingatkan jika proses administrasi pemerintahan telah berada pada triwulan ketiga di Tahun 2019. Olehnya, setiap OPD haruslah memperhatikan pengadministrasian dokumen kegiatan, supaya tidak mengalami kesulitan dalam proses pemeriksaan karena sudah berada di akhir tahun anggaran.

“Karena sudah memasuki awal bulan September, maka saya ingatkan kepada seluruh OPD agar memperhatikan proses dokumentasi kegiatan agar teradministrasi dengan baik, sehingga tidak menyulitkan ketika dilakukan pemeriksaan, karena sudah berada di penghujung tahun anggaran”, ujar Jafar Hamid.

Selanjuynya, H. Jafar Hamid menyampaikan jika saat ini proses verifikasi APBD Perubahan 2019 di provinsi telah selesai, dan Pemda Morowali tinggal menunggu hasil. Dari hasil verifikasi, terdapat hal yang memprihatinkan, bahwa capaian pendapatan daerah hingga tiwulan ketiga 2019 hanya mencapai 28%. Hal ini haruslah mendapat perhatian serius dari seluruh komponen pemerintah.

“Dari hasil verifikasi APBD Perubahan 2019, terdapat hal yang memprihatinkan, yaitu capaian pendapatan kita hanya sebesar 28%, hingga triwulan ketiga”, tegasnya.

Oleh karena itu, Sekda Jafar Hamid menyampaikan harus ada tindakan nyata untuk menyelamatkan pendapatan daerah yang masih kurang 72% dari target pendapatan. Karena waktu yang semakin singkat, maka tindakan yang harus dilakukan salah satunya dengan melaksanakan evaluasi pendapatan setiap 2 minggu sekali.

“Untuk memaksimalkan target capaian pendapatan, maka harus ada evaluasi terhadap capaian pendapatan daerah, jika memungkinkan dilaksanakan 2 minggu sekali”, pesannya.

Akhirnya, beliau mengingatkan sebagai ASN dan PHL tetap menjaga kedisiplinan dan tetap menunjukkan kerja keras dalam menjalankan aktifitas kedinasan. Sebab dengan disiplin yang tinggi dan kerja keras akan menghasilkan kinerja yang baik dalam mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat. (Kominfo/k4r7).

About kary marunduh

Check Also

Bupati Morowali: Semua Pihak Bersinergi Cegah Stunting Sampai Ketingkat Desa

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin Rapat Kerja Pemetaan Program ...

One comment

  1. Firdaus habibi yau

    Realisasi PAD pada triwulan 3 memang masih 28%. Namun yg perlu di cermati bahwa dalam penetapan target, baik apbd penetapan maupun apbd perubahan ada 2 hal yg harus di perhatikan. 1. Realisasi tahun sebelumnya, dan yg ke 2 adalah potensi rill yg menurut opd pengelola sdah bisa d lakukan pemungutan. Nah kondisi target pad d tahun 2019 ini sangat signifikan kenaikannya. Sehingga untuk mncapainya agak sulit. Kemudian juga perlu ada tindak lanjut dari hasil evaluasi yg sudah dilakukan oleh opd terkait…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *