Home / Hukum / TINGKATKAN KETERBUKAAN PRODUK HUKUM, PEMDA MOROWALI SOSIALISASI APLIKASI JDIH

TINGKATKAN KETERBUKAAN PRODUK HUKUM, PEMDA MOROWALI SOSIALISASI APLIKASI JDIH

Mewakili Bupati Morowali, Asisten III, Bidang Administrasi dan umum, Siti Samria Sia, S.IP, membuka sosialisasi JDIH. Kegiatan yang diselenggarakan Bagian Hukum dan Perundang-undangan, berlangsung di Aula Kantor Bupati Morowali, dihadiri sejumlah perwakilan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Senin (10/9/18).

‘’Aplikasi JDIH merupakan salah satu program pemerintah yang sangat baik untuk di ikuti oleh semua elemen, baik dari kalangan birokrasi, Pemerintahan Desa, maupun masyarakat, hal ini dimaksudkan untuk memudahkan dalam mengakses informasi terkait produk hukum daerah tanpa harus mendatangi kantor bagian hukum. Untuk itu diharapkan seluruh peserta yang hadir dari masing-masing OPD agar kiranya mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya’’ ujar Siti Samria, saat membuka kegiatan sosialisasi.

Maksud dan tujuan sosialisasi aplikasi JDIH lanjut Siti Samria, untuk menjamin tersedianya dokumentasi dan informasi hukum yang lengkap dan akurat serta dapat diakses secara mudah dan cepat, mengembangkan efektifitas kerja sama antara pusat jaringan dan anggota jaringan dalam rangka penyediaan dokumentasi dan informasi hukum serta meningkatkan pelayanan informasi hukum kepada publik sebagai salah satu wujud tata pemerintahan yang baik. terangnya

Sementara itu Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan Kabupaten Morowali, Bahdin Baid, SH.,MH, mengatakan aplikasi JDIH merupakan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum sebagai wadah pendayagunaan bersama atas dokumen hukum secara tertib, terpadu dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian pelayanan informasi hukum secara lengkap, akurat, mudah dan cepat.

‘’Fungsi pusat JDIH diantaranya, perumusan kebijakan pembinaan dan pengembangan JDIH, pemberian konsultasi terhadap perumusan yang dihadapi oleh anggota JDIH, pengumpulan, pengelolaan, penyimpanan dan penyebar luasan produk hukum, pembangunan sistim informasi hukum melalui teknologi informasi dan komunikasi yang dapat di integrasikan dengan website pusat JDIH, pelaksanaan sosialisasi kebijakan dan pengelolaan teknis dokumentasi dan informasi hukum kepada anggota JDIH, pembinaan SDM pengelola JDIH, penyediaan sarana dan prasarana pengelola JDIH, serta pelaksana monitoring dan evaluasi secara berkala terkait pelaksanaan tugas dan fungsi JDIH, sehingga dalam pelaksanaannya, masyarakat bisa mengakses informasi produk hukum di jdih.morowalikab.go.id’’ ujar Bahdin, menambahkan. Kominfo/HK

About helman kaimu

Check Also

TOLAK DISKRIMINASI, SORAK MOROWALI GELAR UNJUK RASA

Morowalikab.go.id – Solidaritas Tenaga Kerja (SORAK) Morowali, menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Morowali, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *