Home / Pembangunan / PMDP3A Gelar Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa

PMDP3A Gelar Rapat Koordinasi Program Inovasi Desa

PPID – Morowalikab.go.id – Bungku – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PMDP3A) Kab. Morowali menggelar rapat koordinasi Program Inovasi Desa (PID) dengan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di Pantai Tapuno, Senin (15/07/19).

Rapat koordinasi dihadiri oleh Kadis PMDP3A, Alamsyah, S.STP., M.Ec.Dev., Kabid Kerjasama, Pengembangan Usaha dan Pembinaan Desa, Dinas PMDP3A, Irmayanti, S.Sos., serta para tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa, pendamping desa dan pendamping lokal desa.

Menurut Ketua Panitia, Irmayanti, S.Sos., bahwa tujuan dari rakor tersebut adalah menekankan pada penggunaan dana desa agar lebih efektif dan inovatif. Irmayanti menjelaskan bahwa tujuan kegiatan sosialisasi ini terdiri dari: pertama, untuk melakukan sosialisasi kebijakan-kebijakan PID, alur kegiatan dan pelaku-pelaku program; kedua, memperkenalkan inisiatif atau kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif, yang berkembang di masyarakat dan di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dalam mendukung kualitas pembangunan; ketiga, menjalin inisiatif atau kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang belum terdokumentasi. keempat, agar mampu menjalin komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif; dan kelima, sebagai ruang konsultasi desa dalam pelaksanaan dukungan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknik Desa (P2KTD).

Sementara itu, Kadis PMDP3A, Alamsyah, S.STP., M.Ec.Dev., menyebut bahwa dalam rangka meningkatkan produktifitas penggunaan dana desa, pemerintah akan terus mendorong desa untuk berinovasi dalam memanfaatkan dan mengembangkan potensi atau produk unggulannya melalui kerjasama seluruh elemen yang terlibat. Kadis PMDP3A mewakili Bupati Morowali yang sedang melakukan tugas dinas luar daerah di Jakarta.

mewakili bupati, Alamsyah menegaskan, “Saya mengharapkan kepada semua pelaku inovasi desa, baik tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten dapat bekerjasama menggerakkan kegiatan inovatif serta berperan aktif dalam setiap tahapan pelaksanaan program inovasi desa, sehingga dapat meraih tujuan yang diharapkan”, tegas Alamsyah.

Diketahui, rapat koordinasi akan berlangsung selama 2 (dua) hari, dengan beberapa materi yang dibahas pada rakor tersebut berhubungan dengan kebijakan PID sekaligus evaluasi program, alokasi dana dan pertanggungjawaban PID Tahun 2019. (IKP/Winda Bestari)

About Winda Bestari

Check Also

Sambut 1 Muharam 1441 H Di Morowali, Panitia Gelar Rapat Persiapan

PPID – morowalikab.go.id – Bungku –  Persiapan Pelaksanaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *