Home / Pemerintahan / Peringati Hari Baden Powell Ke-163- Taslim Harap Pramuka jadi Generasi Tangguh di Morowali

Peringati Hari Baden Powell Ke-163- Taslim Harap Pramuka jadi Generasi Tangguh di Morowali

Morowalikab.go.idBungku Bertempat di Bumi Perkemahan Mateantina, Desa Kolono, Kec.Bungku Timur Kab.Morowali telah dilaksanakan upacara dalam rangka HUT Lord Baden Powel ke 163 (Bapak Pandu Dunia) pada Hari Rabu (19/2/2020) yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Morowali dan diikuti oleh Gudep Pramuka Se-Kabupaten Morowali kurang lebih 1000 orang.

Upacara di pimpin langsung oleh Bupati Morowali Drs.Tasliim,dan dihadiri oleh Ketua TP- PKK Kabupaten Morowali Ny. Asnoni Taslim, mewakili Kemenag Morowali, Drs. Muhtadi, mewakili Kapolsek Bungku Tengah Aipda M Yusuf.Mewakili Koramil Bungku Tengah, Serma Syamsuddin,  Pimpinan OPD Pemkab Morowali, ketua dan panitia gerakan pramuka Kwartir Cabang Morowali, peserta upacara yang terdiri dari gudep masing-masing sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Morowali.

Dalam sambutannya saat memimpin upacara,  Bupati Morowali menjelaskan bahwa Nama Lord Baden Powell tidak asing lagi di kalangan anggota Pramuka, sebab beliaulah yang menciptakan dan menerapkan sistem pembinaan kaum muda, melalui kegiatan kepanduan  yang dilakukan pertama kali di Inggris dan kemudian menyebar ke seluruuh dunia, termasuk Indonesia yang sampai saat ini dikenal dengan nama Pramuka. Salah satu bentuk pembinaan yang diterapkan melalui kepanduan adalah kehidupan di alam terbuka seperti apa yang sedang dilaksankan sekarang ini.

“Mengutip sebait pesan Lord  Baden Powell yang ia tulis sebelum ia meninggal pada tanggal 8 Januari ” Usaha menyelidiki alam akan menimbulkan kesadaran dalam hatimu, betapa banyaknya keindahan dan keajaiban yang diciptakan oleh Tuhan di dunia ini, supaya kamu dapat menikmatinya. Lebih baik melihat kebaikan-kebaikan pada suatu hal, dari pada  mencari kejelekannya. jalan nyata menuju kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain.” Terangnya.

Memaknai pesan baden powel tersebut ia menitipkan beberapa hal diantaranya; Pertama,  anggota pramuka pada saat ini maupun dimasa depan sangat membutuhkan sarana dan prasarana kepramukaan; Kedua kepramukaan merupakan bagian dari kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia khususnya generasi muda; Ketiga, seiring dengan upaya meningkatkan kualitas pendidikan, pemerintah daerah telah mengupayakan program antara lain pemenuhan kuantitas dan kualitas guru sesuai standar pelayanan minimal; Keempat, pada kegiatan yang berlangsung beberapa hari ini, panitia menggelar kegiatan yang sebagian dalam bentuk lomba oleh sebab itu agar tidak menjadikan kemenangan sebagai tujuan. Kalah maupun menang adalah hasil dari sebuah proses.ungkap Taslim

Bupati Morowali  menambahkan bahwa Tujuan utama dalam kegiatan ini adalah bagaimana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, memupuk persatuan dan tali persaudaraan serta menumbuhkan dan menjaga semangat cinta tanah air sehingga di masa depan kita memiliki kader generasi muda yang tangguh, mempunyai satu hati dan satu jiwa salam menerima estapet pembangunan bangsa.

Diakhir sambutan, Bupati Morowali berharap  kepada panitia terutama yang bertindak sebagai dewan juri, berbaktilah kepada negeri dengan semboyan dan moto gerakan pramuka “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan, Ihklas Bakti Bina Bangsa Berbudi Bawa Laksana”. Tumbuhkan karakter yang baik kepada adik-adik pramuka. Wujudkan yan benar dengan cara yang benar dan tunjukan kesalahan mereka dengan cara yang benar pula. (L4tong/opu}

 

About Octaviana Latong

Check Also

Video Teleconference, Bupati Morowali Laporkan Progres Penanganan Covid-19 Ke Gubernur Sulteng.

Bungku – morowalikab.go.id – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Provinsi Sulawesi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *