Home / Informatika / PENYUSUNAN RENCANA KONTINJENSI BENCANA, BPBD MOROWALI BERSIAP KUMPULKAN DATA

PENYUSUNAN RENCANA KONTINJENSI BENCANA, BPBD MOROWALI BERSIAP KUMPULKAN DATA

morowalikab.go.id: Kontinjensi bencana merupakan keadaan dalam menyusun skenario penanganan darurat ketika terjadi bencana berdasarkan kajian teknis dari instansi yang berwenang dengan tujuan agar sarana prasarana vital serta kegiatan sosial ekonomi masyarakat segera berfungsi, dimana ini dilakukan sejak berlangsungnya tanggap darurat sampai dengan tahap rehabilitasi dan rekonstruksi. Dengan dasar tersebut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Morowali menggelar rapat persiapan dan pengumpulan data dalam rangka penyusunan rencana kontijensi bencana banjir bandang dan uji lapangan.

Kegiatan yang berlangsung di Aula BPBD Kabupaten Morowali, Selasa (18/9/18) di hadiri 22 komposisi peserta rapat penyusunan rencana kontijensi diantaranya, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Pendidikan, Bappeda, Sat Pol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Badan Lingkungan Hidup, Komandan Kodim, Polres Morowali, Puskesmas Bahodopi, Camat Bahodopi, RSUD Morowali, Dinas Kominfo, Untad II, BPS, PDAM, PLN, Basarnas, PT. Wanxiang Group, dan PT. Bintang Delapan Mineral Group.

Kepala BPBD, Drs. H. Napsahu Salili, M.Si, dalam mengawali kegiatan mengatakan kegiatan ini membutuhkan peran dan partisipasi kita semua, guna untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang sewaktu-waktu terjadi, untuk itu melalui pertemuan ini marilah kita satukan persepsi untuk membuat prosedur tetap dalam menyusun perencanaan sebelum terjadi bencana. Ujar mantan camat Menui Kepulauan.

Sekretaris Daerah, H. Moh. Jafar Hamid, SH.,MM, saat membuka kegiatan rapat mengatakan pada dasarnya Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi yang dilakukan Badan Penanggulanagan Bencana yang begitu getol dalam memperjuangkan dana di kementerian terkait penanggulanagan bencana dimana dari sekian banyak daerah di Indonesia, Kabupaten Morowali merupakan salah satu penerima dana dari pemerintah pusat. Lanjutnya

‘’dengan pelaksanaan kegiatan ini diharapkan seluruh organisasi ataupun instansi terkait, untuk dapat bekerja sama dan terlibat aktif dalam menyusun kontinjensi bencana dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan kegiatan lintas sector, semua OPD harus berperan sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing’’ terang sekda, mengakhirinya. Kominfo/HK

About helman kaimu

Check Also

TOLAK DISKRIMINASI, SORAK MOROWALI GELAR UNJUK RASA

Morowalikab.go.id – Solidaritas Tenaga Kerja (SORAK) Morowali, menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Bupati Morowali, ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *