Home / Informatika / KODIM 1311/MOROWALI, GELAR LATIHAN PENGAMANAN PEMILU

KODIM 1311/MOROWALI, GELAR LATIHAN PENGAMANAN PEMILU

Morowalikab.go.id – BUNGKU – Komando Distrik Militer (KODIM) 1311/Morowali menggelar Latihan Pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, khususnya Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres)  yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim Letkol. Arh. Sabariyandu K. Saragih, Jum’at (8/2/19). Kegiatan tersebut merupakan latihan pengamanan dan cara penanggulangan huru hara pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019, oleh prajurit Kodim 1311/Morowali dan sejumlah Institusi terkait.

Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari dimulai sejak tanggal 5 sampai dengan 8 Februari 2019, dipusatkan di Makodim 1311/Morowali, kawasan Kota Terpadu Mandiri (KTM), Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah. Simulasi ini melibatkan sejumlah elemen terkait diantaranya TNI, POLRI, Polisi Pamong Praja, Linmas, Pemadam Kebakaran dan Petugas medis.

Simulasi pengamanan diawali dengan pemeriksaan pasukan, dilanjutkan dengan pengarahan kepada petugas yang disiagakan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga cara penanggulangan huru hara aksi demonstrasi di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) bagi masyarakat yang tidak puas dengan hasil perolehan suara Pileg maupun Pilpres 2019.

Dandim 1311/Morowali Letkol. Arh. Sabariyandu K. Saragih, mengatakan tujuan dilaksanakannya latihan pengamanan  tersebut, untuk melatih kesiap-siagaan anggota dalam rangka menangani dan menanggulangi huru hara yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi disetiap kesempatan terutama saat pelaksanaan pemilihan Calon Legislatif (Caleg) dan Calon Presiden (Capres) pada tahun 2019.

“Ini merupakan salah satu tugas pokok TNI AD dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif. Diharapkan dengan didukung kemampuan para Prajurit dan seluruh elemen terkait, dapat melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai harapan yang dinginkan”, ujarnya

“Melihat pelaksanaan akhir latihan yang dimulai dari pembekalan materi, dril teknis, dril taktis, dan dril tempur, cukup semangat dalam menghadapi pelaksanaan pemilihan calon legislatif dan presiden tahun 2019. Kurang lebih 400 orang Anggota TNI Kodim 1311/Morowali, akan terlibat langsung pengamanan pilcaleg dan pilpres khususnya pada wilayah Kabupaten Morowali dan Kabupaten Morowali Utara”. lanjut tuturnya. Kominfo/HK

About helman kaimu

Check Also

MTQ ke IX Resmi Dibuka, Bupati Harapkan Peserta Pahami Isi Kandungan Al Qur’an

Morowalikab.go.id – KALEROANG – Sebanyak 394 orang peserta, yang tergabung pada Sembilan kafilah kecamatan se ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *