Home / Pemerintahan / Kesbangpol Morowali Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

Kesbangpol Morowali Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Daerah Kabupaten Morowali menggelar Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa di Gedung Serba Guna Ahmad Hadi, Kelurahan Matano, Kecamatan Bungku Tengah, Kamis (7/11/19).

Sosialisasi yang melibatkan 300 Orang peserta terdiri dari ASN perwakilan OPD, Pelajar SLTP/SLTA,  Mahasiswa, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat mengusung Tema ‘’Pembumian Nilai-nilai Ideologi Pancasila dan Karakter Bangsa dalam Rangka Menangkal Paham Radikalisme dan Terorisme’’

Kegiatan yang dibuka Bupati Morowali, Drs. Taslim, dihadiri Wakil Bupati Morowali Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd, Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf, Raden Yoga Raharja, SE., M.M., M.I.Pol, Wakapolres Morowali Utara, Kompol. Hasanuddin, SH., MH dan Kepala OPD lingkup Pemkab. Morowali.

Kepala Badan Kesbangpol, Drs. H. Wahid Hasan, M.Pd, dalam laporannya mengatakan bahwa, Sosialisasi Pembinaan Ideologi Pancasila, Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa bertujuan  untuk memberikan pemahaman kepada seluruh komponen bangsa dan masyarakat bahwa NKRI berdiri diatas pondasi Ideologi Pancasila dengan memiliki ciri khas Kebhinekaan Ras, Suku, Budaya, dan Agama. Selain itu, sosialisasi dapat mewujudkan tekad untuk menjadi satu bangsa, satu tanah air, dengan satu bahasa Indonesia, menguatkan rasa Nasionalisme atau rasa Kebangsaan sebagai bagian dari identitas dunia yang bermartabat, menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan serta tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menyegarkan kembali pemahaman terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara, dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya, meredam berkembangnya penonjolan sikap primordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan mencegah disintegrasi bangsa, serta untuk menangkap paham radikalisme dan terorisme utamanya kepada kaum milenial. Ujar Wahid Hasan.

Sementara itu, Bupati Morowali, Taslim, mengungkapkan bahwa Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan merupakan bentuk pengokohan eksistensi sebagai bangsa yang kuat, bersatu dan berdaya saing, serta terjaganya sejarah dan kecintaan terhadap tanah air.

Taslim menambahkan bahwa sosialisasi ini dilatar belakangi beberapa hal diantaranya, fenomena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia secara alamiah mengalami suatu pergeseran yang signifikan dari semua kondisi kehidupan, terjadinya berbagai gejolak atau konflik yang membahayakan persatuan dan kesatuan bangsa, tercabutnya nilai-nilai religius dari akar budaya bangsa, sehingga orang ingin serba instan, tidak sabar, pragmatis, materialistis, sampai pada tingkat krisis kemanusiaan yang berbahaya.

Taslim berharap, melalui Sosialisasi ini dapat menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, mengembangkan sikap toleransi , dan menyuburkan proses pembauran antar seluruh elemen. ‘’Saya berharap dengan mengikuti sosialisasi dapat menumbuhkan toleransi antar sesama serta dapat mengamalkan pemahaman kita terhadap nilai-nilai Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Olehnya, semua peserta diharapkan mengikuti dengan sebaik-baiknya sehingga wawasan dan pengetahuan yang diperoleh dapat disebar luaskan dan diimplementasikan di Lingkungan masyarakat, karena ini merupakan wujud tanggung jawab kita sebagai warga negara,’’ pungkas mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Morowali tersebut.

Kegiatan sosialisasi ini juga dilangsungkan diskusi publik yang menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Wakil Bupati Morowali sebagai pemateri Pembumian nilai-nilai Pancasila dan Karakter Bangsa, Dandim 1311 Morowali, membawakan materi peranan Kodim 1311 Morowali dalam Pembumian Pancasila dan Wawasan Kebangsaan dalam menangkal paham radikalisme dan Kapolres Morowali Utara yang diwakili Wakapolres, menyampaikan peranan Polres Morowali dalam Pembumian Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan menangkal paham terorisme. (Foto/Reporter IKP Kominfo: HK).

About helman kaimu

Check Also

Bupati Morowali: Semua Pihak Bersinergi Cegah Stunting Sampai Ketingkat Desa

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin Rapat Kerja Pemetaan Program ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *