Home / Informatika / Antonius Boetar Boetar, SH: “Sukseskan Program Strategis Nasional, Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah di Kab. Morowali

Antonius Boetar Boetar, SH: “Sukseskan Program Strategis Nasional, Pengukuran dan Pemetaan Bidang Tanah di Kab. Morowali

morowalikab.go.id – Bungku. Bertempat di Kantor ATR/BPN Kabupaten Morowali, Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali melaksanakan pengangkatan sumpah Panitia Ajudikasi Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap dan Satuan Tugas Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali Tahun 2019, (Kamis, 31/01/19).

Pengangkatan sumpah berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Nomor: 57/72-06/I/2019, tentang Susunan Panitia Ajudikasi, Satuan Tugas Fisik, Satuan Tugas Yuridis, dan Satuan Tugas Administrasi Sistematis Lengkap Kantor Pertanahan Kabupaten Morowali Tahun Anggaran 2019, tangga 24 Januari 2019. Pengangkatan sumpah dilakukan oleh Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Morowali, Antonius Pandapotan Boetar Boetar, SH.

Berdasarkan SK tersebut, terdapat 9 (sembilan) orang yang diangkat sumpahnya dalam jabatan satuan tugas sesuai dengan SK, dan yang menjadi ketua adalah Mochamat Khoirul Huda, S.ST, jabatan struktural Kasi Infrastruktur Pertanahan. Adapun Susunan panitia secara lengkap, sebagai berikut: Mochamat Khoirul Huda, S.ST (ketua), Sudiar, S.IP (anggota), Moh. Fadli K (anggota), Tamrin Sulaiman, S.H (anggota), Nirwan, S.E (anggota), Bustam Nawir, S.E (anggota), Vinki (anggota), Hilkia Sanrio Pagalu (anggota), dan Gerry Christianto Arumpong (anggota).

Panitia ini bertugas untuk melakukan pengukuran dan pemetaan bidang tanah di seluruh wilayah Kabupaten Morowali. Hal ini merupakan perintah dari Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1961 tentang Pendaftaran Tanah kemudian disempurnakan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1987, dimana salah satu tugas pemerintah adalah melaksanakan kegiatan pengukuran dan pemetaan bidang-bidang tanah di seluruh Republik Indonesia.

Dalam sambutannya, Antonius P. Boetar Boetar mengatakan, saat ini sesuai Perkaban Nomor 06 Tahun 2018, kegiatan pendaftaran  tanah  meliputih seluruh desa. Jadi target perintah saat ini adalah bukan menurut sertifikat tapi seluruh bidang tanah, baik yang bersertifikat maupun yang belum bersertifikat. Oleh karena itu, beliau sangat mengharapkan partisipasi dari masyarakat.

“Sangat dibutuhkan partisipasi aktif dari masyarakat, karenap program ini sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat, dukungan kepala desa sebagai pemerintah yang sangat mengetahui keberadaan bidang-bidang tanah di desanya masing-masing sangat kami harapkan”, demikan ujar Antonius.

Di akhir sambutannya, Antonius menegaskan bahwa program pengukuran dan pemetaan bidang-bidang tanah ini merupakan program strategis nasional. Melalui Kementerian ATR/BPN RI, program ini bertujuan untuk memberikan kepastian kepamilikan tanah, sehingga sengketa yang berhubungan dengan agraria dapat ditekan. Beliau juga mengatakan bahwa banyak sekali manfaatnya yang dapat diperoleh dengan program ini, diantaranya: ada kepastian kepemilikan tanah, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah dan yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatnya nilai tanah karena telah memiliki kepastian melalui sertifikat kepamilikan tanah.

“Karena pentingnya dan besarnya manfaat dari program ini, sangat diharapkan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, kepala desa dan instansi ATR/BPN Kabupaten Morowali, sehingga program ini dapat berjalan dengan sukses”, ujar Antonius.

kominfo/ikp#k4r7/Ik5an

About iksan kominfo

Check Also

Tiga Pimpinan DPRD Morowali Definitif Resmi Dilantik

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Morowali menggelar rapat ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *