Home / Pemerintahan / Bupati Taslim Membuka “Temu Wicara, Monitoring Isu Publik”

Bupati Taslim Membuka “Temu Wicara, Monitoring Isu Publik”

PPID Morowalikab.go.id. Bungku Tengah Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Morowali mengelar “Temu Wicara” dengan topik “Monitoring Isu Publik” bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati, (15/15/2019). Temu wicara ini dilakulan untuk menjaring isu publik yang selama ini menjadi pembicaraan publik. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim dan didampingi dinas penyenggara Hasim R, S.Kom, Kabid Pengeloaan Informasi dan Kebijakan Publik, dan Kary Marunduh, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik.

Temu wicara, selain menghadirkan menghadirkan OPD yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik, juga menghadirkan diantaranya insan pers, Lurah se-Kecamatan Bungku Tengah, dan beberapa kepala desa dan tokoh masyarakat. Para peserta diharapkan mampu memberikan informasi yang akurat seputar isu publik yang menjadi konsumsi masyarakat, sehingga dinas teknis selaku dapat meneruskan informasi yang ada kepada pengambil kebijakan (stake holders) untuk menjadi rekomendasi penyelesaian masalah.

Bupati Taslim pada sambutannya menyampaikan, berhubungan dengan maraknya beberapa isu yang berkembang dalam masyarakat akhir-akhir ini, maka sangat dibutuhkan kearifan dalam menyikainya. “Tidak semua isu yang berkembang di tengah masyarakat itu salah, atau tidak dapat dipertanggung jawabkan, tetapi tidak semua isu juga ternyata memiliki nilai kebenaran, oleh karenanya dibutuhkan kearifan mayarakat dalam memilah informasi, mana yang benar dan mana yang tidak”, ujar Taslim. Dengan demikian, dibutuhkan upaya lanjutan melalui cek n ricek dalam memastikan valid tidaknya informasi yang diterima masyarakat. “Hal ini penting untuk dilakukan agar informasi yang diterima masyarakat tidak menjadi bola liar yang meresahkan masyarakat itu sendiri”, lanjut Taslim.

Beliau juga menegaskan, “sebaiknya kita semua dapat melakukan peran sebagai pengayom masyarakat, sehingga kehadiran kita semestinya untuk meluruskan isu yang berkembang dengan melakukan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat berdasarkan data dan fakta sesungguhnya. Bupati Taslim mencontohkan isu gempa dan tsunami yang hingga saat ini marak dibicarakan. “Seharusnya ditengah keterbatasan pemerintah, maka kita semua diharapkan membantu pemerintah untuk menjadi penyejuk informasi dalam masyarakat”, pungkas Taslim. Peran ini dapat dilakukan agar situasi dan kondisi yang tenang dalam masyarakat dapat tercipta, sehingga masyarakat tidak dengan mudah mengambil jalan sendiri yang justru dapat merugikan masyarakat itu sendiri.

Taslim mengingatkan, selaku aparat pemerintah (lurah maupun kepala desa) agar dapat menangani permasalahan isu yang berkembang di masyarakat secara cepat tanggap dan cepat tindak. Beliau mencontohkan lagi mengenai isu tenaga kerja asing (TKA) yang ada di Kab. Morowali. Selaku aparat pemerintah harus bergerak cepat menangani dengan melakukan upaya positif dan terukur demi terciptanya situasi masyarakat yang kondusif. Apa yang dilakukan oleh OPD teknis yang berhubungan dengan pengaturan TKA harus mampu bergerak cepat dalam mengklarifikasi informasi yang berkembang, serta menjelaskan kepada publik langkah-langkah apa yang telah dilakukan pemerintah dalam menindaklanjuti masalah tersebut.

Hasim R, S,Kom mengatakan tujuan dari kegiatan ini di helat untuk mengetahui sejauhmana isu yang berkembang di masyarakat Morowali untuk dapat dijadikan bahan pelaporan dan kajian yang akan disampaikan kepada stake holders (Gubernur, Bupati, OPD Pemprov / Pemda dan Lembaga Swasta) yang ada hubungannya dengan isu yang ada.

 

Bertindak selaku narasumber, Haris R, S.Kom, Kabid Pengeloaan Informasi dan Kebijakan Publik, dan Kary Marunduh, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik. Acara temu wicara diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian Pembacaan Doa yang dibawakan oleh Abd. Rahim Tompo, S.PdI. (IKP; k4r7&iksan)

About iksan kominfo

Check Also

PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA CALON PIMPINAN TINGGI PRATAMA DILINGKUNGAN PEMDA MOROWALI TAHUN 2019

PPID Morowalikab.go.id – BKPSDMD : Pemerintah Daerah menerbitkan Pengumuman dengan Nomor : 821.21/001/PANSEL/2019 “Tentang Seleksi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *