Home / Lingkungan / Desa Lahuafu Wakili Kab. Morowali Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

Desa Lahuafu Wakili Kab. Morowali Dalam Lomba Desa Tingkat Provinsi

PPID – morowalikab.go.id – Lahuafu – Lomba desa dan evaluasi perkembangan desa/kelurahan tingkat Provinsi Sulawesi Tengah digelar di Pantai Puluti, Desa Lahuafu, Kec. Bungku Timur pada Kamis, (13/06/19). Kegiatan tersebut, dihadiri oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., Ketua TP PKK provinsi Sulawesi Tengah, Dra. Hj sofiatun A. Rahman Mpd, Ketua tim penilaian lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Tengah, Zubair. S. Sos, Msi., Kadis Pemdes Morowali, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Morowali, dan beberapa kepala OPD lainnya.

Lomba desa merupakan program yang bersifat rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Perlombaan desa merupakan wujud bentuk kegiatan pemerintah dalam meningkatkan evaluasi dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan baik di pedesaan maupun perkotaan, secara khusus pembangunan masyarakat pedesaan.

Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Tengah, DRA. Hj. Sofiatun A. Rahman, Mpd., menyebut aspek yang akan dievaluasi dalam perlombaan desa berkaitan dengan lembaga PKK, program PKK, dan organisasi PKK. “Penjabarannya dapat dinilai melalui kegiatan-kegiatan pokja”, Ujarnya. Beliau menghimbau, agar tim penggerak PKK Kabupaten, Kecamatan, dan Kelurahan dapat meningkatkan peran serta dan partisipasi pada pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan keluarga.

Sofiatun menguraikan, bahwa peran dan keterlibatan PKK dalam program prioritas meliputi percepatan penurunan stunting, gerakan tanam cabai di setiap rumah, gerakan kembali ke sekolah atau 1000 anak harapan bangsa, gerakan masyarakat sehat dengan prioritas kegiatan meliputi; aktifitas fisik setiap hari, konsumsi sayur dan buah, pemeriksaan kesehatan secara rutin, pemeriksaan tes Inspeksi Vi­sual dengan Asam Asetat (IVA) untuk pasangan usia subur agar mencegah kanker serviks secara dini.

Kedepan ia berharap, agar kader PKK memiliki kredibilitas yang tinggi serta bertanggungjawab penuh dalam menjalani perannya. “Saya harap kader-kader PKK lebih meningkatkan peran dan kinerjanya serta memiliki kemauan dan kemampuan yang memadai dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan program prioritas tersebut” Pungkasnya. (IKP/Winda)

About Winda Bestari

Check Also

Disporapar Morowali Gelar Pelatihan Pemandu Selam

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Morowali menggelar pelatihan ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *