Home / Pemerintahan / Bupati Taslim, Koperasi Tani Untuk Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

Bupati Taslim, Koperasi Tani Untuk Tingkatkan Taraf Hidup Masyarakat

PPID – morowalikab.go.id Bahonsuai – Bupati Morowali Drs. Taslim didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Drs. Yusman Mahbub, M.Si, Kadis Pertanian, Peternakan, dan Ketahanan Pangan Daerah Andi Irman, S.STP., M.Si, Camat Bumi Raya Abdul Malik Hafid, S.Hi., M.Si, dan Camat Witaponda Arsail, S.Sos, melaksanakan sosialisasi pembentukan Koperasi Tani Morowali di Gedung Serba Guna Desa Bahonsuai Kecamatan Bumi, Kamis (15/8/19). 

Dalam sambutannya Bupati Taslim mengatakan pertemuan ini salah satu upaya Pemerintah untuk duduk bersama dengan kelompok tani dalam rangka menyamakan persepsi terkait rencana Pemerintah Daerah dalam membentuk Koperasi Pertanian bagi kelompok tani di Kabupaten Morowali. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik bagi masyarakat, utamanya petani.

Taslim menambahkan, hadirnya Koperasi Tani bukan sebagai ancaman bagi pedagang lainnya, akan tetapi merupakan solusi bagi para petani dalam memperoleh dana yang lebih mudah dan cepat untuk kepentingan pengembangan usaha pertanian masing-masing kelompok tani, hingga keproses penjualan hasil panen.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar lima milyar rupiah sebagai modal awal untuk dikelola oleh pengurus Koperasi nantinya. namun sebelum dananya dicairkan, terlebih dahulu dilengkapi dokumen-dokumen usahanya sebagai payung hukum dalam berusaha mulai dari Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga, Akta Notaris dan lain sebagainya yang dipersyaratkan. jelas Taslim.

Sementara itu, Yusman mahbub mengatakan sosialisasi pembentukan koperasi tani merupakan upaya pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat, utamanya petani tentang tata cara berkoperasi. Hadirnya Koperasi tani untuk mempermudah petani dalam memperoleh pinjaman dana serta penjualan hasil tani yang lebih mudah dan cepat. Tukasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, Kepala Desa, Anggota Badan Permusyaaratan Desa (BPD), Kelompok Tani, PPL, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Bumi Raya dan Kecamatan Witaponda. IKP Kominfo/HK

About helman kaimu

Check Also

Sambut 1 Muharam 1441 H Di Morowali, Panitia Gelar Rapat Persiapan

PPID – morowalikab.go.id – Bungku –  Persiapan Pelaksanaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *