Home / Pemerintahan / Bupati Morowali Resmikan Gedung Instalasi Bedah Sentral Terpadu RSUD Morowali

Bupati Morowali Resmikan Gedung Instalasi Bedah Sentral Terpadu RSUD Morowali

PPID – morowalikab.go.id – BUNGKU – Bertempat di RSUD Kab. Morowali, Bupati Morowali, Drs. Taslim meresmikan Gedung Instalasi Bedah Sentral (IBS) terpadu RSUD Kab. Morowali, Sabtu (29/6/19). Peresmian dihadiri Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin S.Ag, S.Pd, M.Pd, Ketua DPRD, Irwan Arya, S.Sos, Dandin 1311/Morowali, Letkol Arh Sabariyandu Kristian Saragih, Kapolsek Bungku Tengah AKP. A. Rapar, Direktur RSUD Morowali, dr. Agus AS. Partang Sp.B beserta jajaran, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Morowali, Ny. Asnoni Taslim dan Ny. Nasriah serta seluruh Kepala OPD serta jajarannya di lingkup Pemda Morowali.

Mengawali sambutannya, Bupati Morowali, Drs. Taslim, menegaskan bahwa terkait dengan program kesehatan gratis Jamsosda, tidak lagi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Dalam program kesehatan gratis, pemerintah pusat menanggung 20%. Untuk itu, beliau mengharap kepada tokoh masyarakat untuk dapat memahami dan tidak lagi menyalahkan pemerintah daerah ataupun para tenaga medis di RSUD Morowali berhubungan dengan pelayanan kesehatan gratis. Berdasarkan standar pelayanan, dalam pelayanan kesehatan gratis, tenaga medis harus dapat membedakan mana yang layak dan tidak layak mendapatkan pelayanan kesehatan gratis. “tenaga medis yang berada di RSUD Morowali harus mampu membedakan mana yang layak mendapat kesehatan gratis, jangan yang mampu mendapat kesehatan gratis sedang yang tidak mampu sama sekali tidak mendapat pelayanan apa yang menjadi hak mereka”, ujarnya.

Bupati Taslim menambahkan, “terkait masalah kesehatan yang selalu dikeluhkan masyarakat, kepala desa harus dapat berperan penting serta bertanggungjawab dan tegas dalam mengambil tindakan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pelayanan kesehatan gratis, siapa yang pantas dan tidak pantas mendapat pelayanan kesehatan gratis tersebut”, jelasnya.

Bupati juga berharap kepada direktur dan seluruh jajaran RSUD Kab. Morowali agar terus membangun kerja sama dan kekompakan organisasi, sehingga dapat melakukan pelayanan dengan semaksimal mungkin. Sebab pelayanan kesehatan merupakan bagian utama dati visi dan misi pemerintahan saat ini. “RSUD Morowali haruslah dapat didorong agara mampu bersaing dengan RS di daerah lainnya, khususnya Palu dan Makassar”, ungkapnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Taslim berpesan agar dengan adanya IBS terpadu dapat meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat menikmati pelayanan kesehatan yang maksimal sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Oleh karena itu, Taslim mengajak seluruh komponen masyarakat agar dapat menjaga fasilitas yang tersedia ini dan memanfaatkannya bagi terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat morowali. Beliau juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada bapak H. Anwar Hafid yang telah merealisasikan pembangunan gedung IBS di masa pemerintahannya. “Dengan visi besar Anwar Hafid telah merealisasikan pembangunan gedung IBS, sehingga saat ini dari sisi sarana dan prasarana kesehatan dapat dibanggakan”, kata Taslim.

Dalam keterangan yang disampaiakan oleh Direktur RSUD Morowali, gedung tersebut sudah tersedia ruang ICU, ruangan untuk penderita sakit jantung, ruang Hemodialisa/pencuci darah dan ruang Instalasi Beda Sentral lainnya. Direktur berharap agar gedung IBS tersebut dapat memberikan kontribusi dalam pelayanan kesehatan masyarakat, dan juga sebagai suatu bentuk peningkatan kualitas fasilitas kesehatan dengan tujuan memajukan Kab. Morowali, khususnya di bidang pelayanan kesehatan agar dapat mewujudkan sejahtera bersama.

Di akhir acara, Bupati Taslim menandatangani prasasti peresmian gedung IBS dan pengguntingan pita pembukaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di IBS.

IKP/Tiya, Iksan.

About Tiya Lestari

Check Also

Surat Bupati Morowali Nomor: 560/0369/BUP-TND/III/2020 tentang Penegasan Keputusan Pemda Kabupaten Morowali Kepada Pimpinan Perusahaan se- KabupatenMorowali.

Surat Bupati Morowali Nomor 560/0369/BUP-TND/III/2020   tentang Penegasan keputusan Pemda Morowali (klik Disini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *