Home / Pemerintahan / BUPATI MOROWALI : ASSESSMENT MEWUJUDKAN THE RIGHT MAN ON THE RIGHT PLACE

BUPATI MOROWALI : ASSESSMENT MEWUJUDKAN THE RIGHT MAN ON THE RIGHT PLACE

Morowalikab.go.id. Pemerintah Kabupaten Morowali melaksanakan assessment bagi Pejabat Tinggi Pratama dan Administrator melalui kerja sama antara Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) dan Kantor Regional IV BKN Makassar, bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati, 12/03/2019.

Selaku Ketua Panitia, Sekretaris Daerah H. Jafar Hamid, SH, MM melaporkan bahwa pelaksanaan assessment center ini berlangsung selama 3 (tiga) hari ke depan, mulai tanggal 12 s/d 15 Maret 2019. Kegiatan assessment ini di ikuti oleh 82 orang pejabat, yang terdiri dari 22 orang Pejabat Tinggi Pratama dan 60 orang Admistrator, dimana pelaksanaan assessment bagi Pejabat Tinggi Pratama mengunakan metode kompleks dan bagi administrator mengunakan metode sedang,

Dalam kata pengantarnya, Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Drs. Harun Arsyad, SH, MM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Morowali, khususnya Bupati Morowali Drs. Taslim yang telah memperlihatkan komitmen yang tinggi untuk melaksanakan sistem pengelolaan kepegawaian. Melalui assessment diharapkan dapat merubah beberapa hal, diantaranya: pertama, pola pikir ASN yang masih berpedoman dengan pola kerja lama, kedua, memperbaiki ASN yang masih kekurangan kompensi, sehingga mempengaruhi kinerja, dan ketiga, memperbaiki daya kerja atau kinerja ASN dalam melakukan fungsi pelayanan publik.

Selanjutnya, beliau mengatakan bahwa berangkat dari ketiga hal tersebut, maka yang harus kita kedepankan adalah pola pikir ASN yang berorentasi pelayanan masyarakat dan berinovatif dalam pelayanan kepada masyarakat. Beliau sangat menyadari semakin beratnya tantangan dalam pembangunan dan penyelengaraan pemerintahan. Akan tetapai, tantangan dapat dihadapi dengan baik apabila di topang oleh ASN yang professional, menjunjung tinggi nilai, etika dan memiliki kompentensi kinerja yang baik. Oleh karena itu, pola rekruitment melalui assessment diharapkan mampu menghasilkan pejabat daerah yang sesuai potensi yang dimiliki dalam penempatan posisi pejabat tersebut, sehingga visi dan misi pemerintah saat ini akan tercapai.

Dalam sambutan pembukaan, Bupati Morowali,  Drs. Taslim mengatakan assessment merupakan upaya dalam mewujudkan the right man on the right place. Melalui assessment merupakan salah satu indikator yang dapat mensukseskan visi dan misi Pemerintah Daerah, sehingga diharapkan mampu menciptakan pejabat yang bisa melaksanakan tantangan yang selama ini kita hadapi pemerintah daerah. Assessment dilaksanakan untuk mengisi posisi dari beberapa jabatan yang akan ditinggalkan karena beberapa pejabat memasuki masa pensiun dan untuk memberikan kesesuaian antara kompetensi sumber daya pejabat dengan jabatan yang ditempati. Dengan adanya kesesuaian ini dapat meningkatkan kinerja pemerintah dalam mewujudkan pelayanan publik.

Lanjut Bupati Taslim, “yang dibutuhkan dalam pemerintahaan sekarang ini adalah pejabat yang mampu berinovasi dalam pelayanan publik, dan mampu menterjemahkan visi dan misi pemerintah daerah”, ujar bupati. “Kemampuan APBD yang ada, diperlukan pejabat yang bisa berinovasi dalam memaksimalkan sumber-sumber pendapatan daerah yang sesungguhnya masih dapat ditingkatkan jika ada inovasi pelayanan dalam mengelola keuangan daerah yang mengedepankan asas manfaat dan kualitas”, tambah Bupati Taslim.

Diakhir sambutannya, Bupati Taslim menyampaikan selamat mengikuti assessment bagi seluruh peserta assessment Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator, dengan harapan seluruh rangkaian assessment dapat dikuti dengan bertanggung jawab. (IKP/ k4r7 & ik54n)

video di buat oleh riswan/Qbl

 

About iksan kominfo

Check Also

PENGUMUMAN SELEKSI TERBUKA CALON PIMPINAN TINGGI PRATAMA DILINGKUNGAN PEMDA MOROWALI TAHUN 2019

PPID Morowalikab.go.id – BKPSDMD : Pemerintah Daerah menerbitkan Pengumuman dengan Nomor : 821.21/001/PANSEL/2019 “Tentang Seleksi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *