Home / Pemerintahan / Bupati Lepas Peserta Pawai Sarungan, Meriahkan 1 Muharram Tahun Baru Islam 1441 H

Bupati Lepas Peserta Pawai Sarungan, Meriahkan 1 Muharram Tahun Baru Islam 1441 H

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Sabtu, (31/08), Bupati Morowali, Drs. Taslim berkesempatan untuk melepas peserta pawai sarungan di Alun-Alun Rujab Bupati. Pawai sarungan ini masih dalam rangkaian peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H. Pawai ini diikuti oleh Wanita Islam Al khairat (WIA), siswa/siswi SD, MI, SMP, MTS dan SMA, Mahasiswa Untad II serta OPD dan jajarannya.

 

Bupati Morowali, Taslim yang didampingi Wabup, H. Najamudin melepas pawai sarungan dengan rute Alun-Alun Rujab Bupati menuju Lapangan Sepak Bola, Bungku Tengah. Sepanjang perjalanan, peserta pawai mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat. Hal ini menunjukkan besarnya dukungan masyarakat, sehingga dapat dikatakan jika pawai sarungan ini diterima oleh masyarakat.

Selain didampingi oleh Wabup, Bupati Taslim juga bersama dengan Sekda Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, para Asisten, para Staf Ahli, dan sejumlah pimpinan OPD, serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Taslim menyebut, pawai sarungan selain sebagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan tahun baru Islam, namun juga sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menguatkan hubungan ikatan persaudaraan sesama manusia, terlebih lagi sesama muslim. Dengan demikian, menurut Taslim, dengan kuatnya ikatan persaudaraan akan melahirkan sebuah kekuatan baru bagi daerah ke depannya.

“Kegiatan ini selain untuk mempererat hubungan antar sesama, juga dapat menjadi kekuatan kita semua dalam membangun Kab. Morowali”, ujar Taslim.

Lanjutnya, “meningkatkan Ukhuwah Insaniayah dan Ukhuwah Islamiah menuju Morowali sejahterah juga bermartabat menjadi semangat yang harus terus dijadikan pegangan dalam kehidupan bermasyarakat”.

 

Pada kesempatan yang sama, Taslim berharap, kegiatan pawai sarungan dapat terlaksana dengan tertib dan khidmat, agar para peserta memperoleh nilai dalam mengikutinya. Karena sarung merupakan lambang keakraban yang biasa di lakukan para ulama dan para anak-anak pesantren dalam setiap aktifitas keseharian, maka hendaklah pawai sarungan ini dapat benar-benar menghadirkan keakraban dalam masyarakat.

“Saya harap pawai sarungan ini bisa dilaksanakan dengan baik, sehingga kegiatan ini memberi nilai keakraban bagi kita, khususnya melahirkan nilai budaya pada masyarakat yang menjunjung tinggi nilai kemanusian yang bermartabat, penuh dengan keakrabana”, harap Taslim.

Ia juga menyebut bahwa kegiatan untuk menyambut hari-hari besar Islam seperti ini akan lebih dikembangkan lagi ke depannya, sehingga tidak hanya sekadar seremonial belaka namun juga menjadi momen dan ruang bagi masyarakat untuk meningkatkan ukhuwah baik islamiyah maupun insaniyah.

“Kiranya kegiatan yang disponsori oleh PHBI, akan terus dikembangkan di masa-masa mendatang, tidak hanya bersifat seremonial, tetapi dapat dijadikan momentum dalam meningkatkan ukhuwah, baik islamiyah maupun insaniyah”, pungkasnya.

Diketahui, para peserta pawai diwajibkan mengenakan pakaian muslim dan sarung sebagai hiasan penampilan. Peserta juga melakukan yel-yel dan menyanyikan salawat nabi sebagai tanda kemeriahan menyambut tahun baru islam 1441 H. Adapun hasil lomba Pawai Sarung, Juara I diraih oleh MI Desa Bahomohoni, Juara II MI Sakita, Juara III MTS Ambunu, Harapan I MTs Bungku, Harapan II SMAN 1 Bungku, dan Harapan III SDN 02 Bungku, dan hadiah diserahkan langsung oleh Bupati Morowali, Taslim. (Kominfo/k4r7&w1nd4), Foto: Tiya Lestari.

About Winda Bestari

Check Also

Bupati Morowali: Semua Pihak Bersinergi Cegah Stunting Sampai Ketingkat Desa

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Bupati Morowali, Drs. Taslim, memimpin Rapat Kerja Pemetaan Program ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *