Home / Pemerintahan / 3542 BPJS PBI APBN di Morowali Dinonaktifkan

3542 BPJS PBI APBN di Morowali Dinonaktifkan

PPID – morowalikab.go.id – Bungku. Menyikapi penonaktifan Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS yang bersumber dari APBN per 1 Agustus 2019, pemda gelar Rapat Koordinasi yang melibatkan beberapa pihak, diantaranya: Dinas Sosial, BPJS, RSUD Morowali, Camat se-Kab. Morowali, dan para Kades. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Taslim, pada Kamis, (01/08/19) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Morowali.

Dalam laporannya, Kadis Sosial, Jaenuddin M dan Kepala BPJS Cabang Luwuk, Riskha Husain menjelaskan bahwa terhitung (01/08/19), sejumlah 3542 Jiwa anggota PBI APBN di Kab. Morowali dinonaktifkan. Jumlah ini tersebar di 9 kecamatan yang ada di Kab. Morowali.

Terkait hal tersebut, Bupati Taslim mengatakan bahwa 3542 PBI APBN yang dinonaktifkan dari 5,2 Juta secara nasional, karena mereka tidak masuk dalam data terpadu yang dimiliki oleh Kementerian Sosial. Oleh karena itu, Taslim mengintruksikan kepada para camat dan kades, hal-hal ebagai berikut:

  1. Segera turun lapangan untuk mengadakan verifikasi data yang berhubungan dengan 3542 jiwa PBI APBN.
  2. Jika ternyata mereka masih berhak untuk mendapatkan pelayanan BPJS melalui PBI, maka segera laporkan kepada pihak-pihak terkait untuk segera diaktifkan kembali atau diambil alih pembiayaannya melalui PBI APBD provinsi atau kab/kota.
  3. Kepada para camat dan kades agar selektif dalam mengeluarkan surat keterangan tidak mampu, pastikan jika yang bersangkutan benar-benar layak.

Selanjutnya, Taslim mengatakan, “bagi 3542 yang dinonaktifkan agar dinas terkait segera verifikasi, jika ditemukan data masyarakat tidak mampu, maka akan diberikan surat ketarangan tidak mampunya dan bagi data masyarakat yang mampu akan dibuatkan juga keterangannya kemudian ditujukan ke Dinas Sosial untuk disusun data Direct Access Storage Device (DASD), sehingga di tahun 2020 kembali ramah lagi”, kata Taslim.

“”Mulai besok para camat dan kades agar mengadakan sosialisasi di mesjid atau di kantor tentang penonaktifan peserta BPJS PBI APBN, agar informasi tersebut segera sampai ke masyarakat karena mulai 1 agustus sudah akan mulai berjalan. Bagi 3542 jiwa PBI APBN yang sudah dinonaktifkan jika ada keluarga/saudara yang sakit agar  melapor ke kades untuk mendapatkan surat keterangan tidak mampu, sehingga kita bisa mengaktifkan kembali kepesertaannya melalui PBI APBD”, tutupnya. (IKP/k4r7&Tiya). Foto: Riswan

About Tiya Lestari

Check Also

Surat Bupati Morowali Nomor: 560/0369/BUP-TND/III/2020 tentang Penegasan Keputusan Pemda Kabupaten Morowali Kepada Pimpinan Perusahaan se- KabupatenMorowali.

Surat Bupati Morowali Nomor 560/0369/BUP-TND/III/2020   tentang Penegasan keputusan Pemda Morowali (klik Disini)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *