BIOGRAFI BUPATI MOROWALI

Drs. H. Anwar Hafid, M.Si. (lahir di Wosu, Bungku Barat, Morowali, Sulawesi Tengah, 14 Agustus 1968; umur 48 tahun) adalah Bupati Morowali sejak tahun 2007 hingga sekarang. Sebelum menjadi Bupati, Anwar Hafid pernah menjabat sebagai Asisten Bagian Pemerintahan Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kehidupan Pribadi

Anwar Hafid lahir di Wosu Bungku Barat, Kabupaten Morowali, pada 14 Agustus 1968 dari pasangan H. Abdul Hafid dan Hj. Misrah. Dia menikahi Nirwanti Bahasoan.

Politik

Anwar mengawali kariernya di dunia politik dari tahun 2007 saat maju sebagai calon Bupati Morowali dan berhasil terpilih. Kesuksesan di periode pertama memimpin Morowali kembali mengantarkannya untuk memimpin Morowali di periode kedua (20132017) melalui kemenangan besar di Pilkada Morowali 2012.

Menjelang pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah pada tahun 2015 lalu, nama Anwar Hafid ramai diperbincangkan sebagai salah satu orang berindikasi kuat untuk memimpin Sulteng. Namun dia memilih menuntaskan tugasnya sebagai Bupati Morowali daripada ikut bertarung dalam pemilihan gubernur Sulawesi Tengah. Anwar mengatakan bahwa masih banyak tugas yang belum diselesaikan di Morowali.

Anwar Hafid adalah Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Partai Demokrat Sulawesi Tengah sampai bulan Juli 2015. Pada bulan Juli, Anwar Hafid dan Talitti Paluge diganti secara mendadak oleh DPP Demokrat menjelang pendaftaran calon gubernur untuk Pilkada serentak serentak bulan Desember 2015. Pelaksana Tugas Sekretaris DPD Demokrat Sulawesi Tengah Hendri Kawulur mengatakan bahwa surat ini ditandatangani Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono dan Sekjen Hinca Panjaitan. Dalam surat keputusan tersebut Ketua DPD Sulawesi Tengah Anwar Hafid diganti oleh Geerhan Lantara. Dalam surat keputusan tersebut tidak dijelaskan alasan pergantian Anwar Hafid.

Pada tanggal 18 Januari 2016, Anwar Hafid kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Tengah (DPD-PD Sulteng) periode 2016-2021.[4] Anwar Hafid terpilih melalui Musyawarah Daerah (Musda) III DPD-PD Sulteng yang berlangsung di Hotel Sutan Raja, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Kebijakan

Selama menjabat pada periode pertama (2007-2012), dia melakukan beberapa kebijakan. Hal yang paling menonjol di periode pertama kekuasaannya adalah digulirkannya program Pendidikan Gratis dan Kesehatan Gratis. Pada tahun 2008, ketika kabupaten lain masih merancang, di Morowali telah dijalankan program Pendidikan Gratis dari SD hingga SMA. Program Kesehatan Gratis pun masih dijalankan hingga hari ini.[2]

Di periode kepemimpinannya yang kedua (2013-2018), program Pendidikan dan Kesehatan Gratis masih tetap bergulir. Di sektor pendidikan, putera-puteri Morowali bisa berkuliah dengan mudah, dengan terobosan yang dilakukan oleh Anwar periodenya yang kedua, yaitu Kuliah Gratis dan Bukan hanya itu, akan tetapi Beliau juga membuat Perda tentang program MOROWALI BERJAMAAH DAN MOROWALI MENGAJI.