Bukan hanya di Kawasan Thamrin Jakarta atau kota-kota besar lainnya di Indonesia ada kawasan car free day (hari bebas kendaraan bermoror). Akan tetapi di Kota Bungku Kabupaten Morowali akan ada car free day.
Sekitar 300 orang mengikuti sosialisasi car free day yang terdiri dari unsur Pemda Morowali dan Polres Morowali serta dari berbagai eleman masyarakat Morowali. Kegiatan dilakukan dalam bentuk pawai dan kegiatan lainnya pada hari Minggu, 20 Februari 2017.
Diawali dengan pawai sepeda santai, diikuti polisi cilik Morowali (pocimu) dan jalan santai anggota kepolisian, ASN dan Masyarakat dengan melakukan star dari Hotel Metro dan finis di Bundaran Bahomohoni.
Kagiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Morowali Drs. SU. Marunduh, M. Hum, Sekda Morowali H. Moh. Jafar Hamid, SH. MM, Asisten I Bidang Pemerintahan Drs. Bambang S. Soerojo, M. Si, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Drs. H. Nurullah Garusu dan sejumlah Pejabat eselon II, III, DAN IV Lingkup Pemda Morowali.
Setelah finis di Bundaran Bahomohoni beberapa kegiatan dilakukan, diantaranya: Aktraksi baris berbaris Polisi Cilik Binaan Polres Morowali (POCIMU), senam poco-poco massal, serta pembagian Doorprize berupa helm cantik bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar rambu lalulintas jalan raya.


Pada sambutan Wakil Bupati menekankan kepada seluruh warga masyarakat untuk selalu meningkatkan kebersihan dan juga menghimbau untuk tidak membuang sampah disembarang tempat. Sementara itu, Kapolres Morowili AKBP Edward Indarmawan, S. IK mengatakan bahwa kegiatan ini baru merupakan sosialsasi, dan apabila telah disetujui Bupati Morowali selanjutnya diteruskan kepusat untuk proses selanjutnya, karena ini murupakan jalan Trans Sulawesi atau jalan propinsi. Pada kesempatan lain Kasat Lantas Polres Morowali AKP Onkoseno mengatakan bahwa kawasan car free day ini nantinya berlangsung setiap hari Minggu mulai dari jam 06.00 – 10.00 Wita, dimana akan memberi ruang bersosialisasi antar warga melalui berbagai kegitan termasuk olah raga. Disamping hal tersebut car free day bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan terhadap kendaraan bermotor.
Pada akhir kegiatan, dibagikan Doorprize berupa 10 buah helm cantik. Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kabupaten Morowali berhasil mendapatkan doorprize setelah menjawab pertanyaan tanda Lalu Lintas “dilarang memutar”. (NA)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *