Home / Informatika / Wabup Morowali Tutup Festival Maulid 1441 H/2019 M

Wabup Morowali Tutup Festival Maulid 1441 H/2019 M

PPID – morowalikab.go.id – Bungku – Wakil Bupati Morowali, Dr. H. Najamudin S.Ag., S.Pd. M.Pd, menutup Festival Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Morowali, di Alun-alun Sangiang Kinambuka, Kelurahan Marsaoleh, Kecamatan Bungku Tengah, Jumat (8/11/19) malam.

Festival yang berlangsung sejak malam Selasa diikuti peserta dari 9 Kecamatan, OPD, Siswa/siswi dan Umum, dengan memperlombakan sejumlah jenis kegiatan diantaranya: Pameran Produk Islami, Lomba Bunga Male, Lomba Baca Barsanji, Busana Muslim, Qosidah, Rabana, tari Zafin, dan Hadrah.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati, H. Najamudin, mengapresiasi keikutsertaan seluruh Kecamatan dan OPD, serta Pelajar dalam memeriahkan  penyelenggaraan Festival Maulid dari awal hingga akhir kegiatan.

‘’Saya sangat mengapresiasi keikutsertaan dari sembilan kecamatan dan OPD serta  pelajar SD, SMP, SMA, maupun kategori Umum lainnya dalam memeriahkan pelaksanaan Festival Maulid Nabi Muhammad SAW, 1441 H/2019 M. Ini harus kita pertahankan, sehingga dalam penyelenggaraan festival maulid ditahun mendatang dapat dilaksanakan lebih baik lagi,’’ Ujarnya.

Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan lomba, lanjut Najamudin, dirinya melihat peserta yang tampil masih didominasi oleh Orang-orang tua. untuk itu, kedepan setiap pelaksanaan lomba harus ada batasan umur. Menurutnya jika ada pembatasan umur dalam setiap pelaksanaan lomba otomatis yang tampil adalah generasi muda, sehingga tujuan kegiatan ini selain untuk memaknai hakekat festival Maulid, juga untuk mencetak generasi muda yang tangguh dalam memperagakan seni Islami khususnya di Kabupaten Morowali.

Ditambahkannya, Festival ini merupakan ekspresi rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW. Substansi dari peringatan Maulid, untuk mengukuhkan komitmen kita kepada Rasulullah SAW, serta untuk memaknai hikmah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.

‘’Festival Maulid adalah bentuk ekspresi dan rasa syukur kita terhadap Rasulullah SAW dalam menyambut tahun kelahirannya dan juga untuk memaknai hikmahnya yakni mendorong orang untuk membaca shalawat, mengungkapkan kegembiraan dan kesenangan kepada Beliau, meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW, serta melestarikan ajaran dan misi perjuangannya,’’ urai mantan Kandepag Morowali, saat menutup sambutannya.

Hadir dalam kegiatan, Sekda Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH., M.M, Dandim 1311 Morowali, Letkol Inf, Raden Yoga Raharja, SE., M.M., M.I.Pol, Kepala OPD, Camat, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Kecamatan Bungku Tengah.

Kegiatan yang berlangsung khidmat diakhiri dengan penyerahan piala bagi peserta juara umum lomba festival oleh Sekda Morowali kepada Camat Bungku Tengah, Asfar, S.STP, sebagai peraih juara umum I, Juara umum II diraih oleh Kecamatan Bungku Barat dan Juara Umum III diraih Kecamatan Bahodopi. (Foto/Reporter IKP Kominfo: HK)

About helman kaimu

Check Also

198 CPNS Golongan II dan III Kabupaten Morowali 2019,Telah Lulus Pelatihan Dasar

PPID.Morowali.kab.go.id-Bungku – Acara penutupan Latsar CPNS golongan II dan III yang diikuti sebanyak 198 orang ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *