Home / Ekonomi / Tingkatkan Kapasitas Nelayan, Bupati Serahkan 39 Unit Perahu Fiber

Tingkatkan Kapasitas Nelayan, Bupati Serahkan 39 Unit Perahu Fiber

Morowalikab.go.id – BUNGKU –  Di dampingi Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Morowali Hj. Iriane Ilyas, dan Sekretaris Daerah H. Moh. Jafar Hamid, SH.,M.M, Bupati Morowali Drs. Taslim, menyerahkan 39 unit perahu fiber kepada kelompok nelayan Desa Pulau Dua Darat, Kecamatan Bungku Selatan, pada Minggu (17/3/19).

Selain dihadiri Wakil Ketua I DPRD dan Sekda Morowali, penyerahan bantuan juga disaksikan Anggota DPRD, Herdiyanto Marzuki, Kepala DPMDP3A, Alamsyah, S.STP.,M.Ec.Dev, Sekretaris DPMDP3A Zaenal, SE, Camat Bungku Selatan, Ahmad Tahir, S.Ag, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Kepala Desa se-Kecamatan Bungku Selatan.

Bupati Taslim, dalam sambutannya mengatakan, pemberian bantuan perahu fiber kepada kelompok nelayan Desa Pulau Dua Darat merupakan bentuk kegiatan peningkatan kapasitas nelayan pada bidang pemberdayaan masyarakat. Program ini tentunya tidak terlepas dari perhatian Kepala Desa terhadap masyarakatnya yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan, ini perlu dicontoh dan diapresiasi. ‘’Program ini harus kita contoh bersama utamanya Dinas Kelautan Daerah,’’Ujar Taslim.

Taslim menambahkan, dengan adanya anggaran Dana Desa yang tersedia, dibutuhkan Kepala Desa berpikir inovatif dalam mengelola anggarannya secara efektif dan efisien. Untuk itu, dalam menyusun program, Kepala Desa harus duduk bersama dengan Sekretaris Desa guna menyusun program pembangunan skala prioritas serta menghindari terjadinya saling mencurigai terkait pengelolaan Dana Desa.

Adanya Dana Desa bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat pada tingkatan desa, bukan untuk memperkaya diri sendiri ataupun golongan. Selain itu, dalam penyusunan Program Dana Desa, setiap Kades harus menyediakan anggaran Pendidikan Anak Usia Dini. ‘’Program Pendidikan Anak Usia Dini harus di perhatikan dalam setiap penyusunan RAPBDes. Ini bentuk dari pelayanan kepada masyarakat dalam pemenuhan pendidikan sejak usia dini,’’ Tegas Bupati.

Camat Bungku Selatan, Ahmad Tahir, S.Ag, selaku PLT Kepala Desa Pulau Dua Darat melaporkan, pemberian bantuan 39 unit perahu fiber bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. ‘’Ini bagian dari program pemberdayaan masyarakat Desa,’’ Ucap Tahir, sapaan akrapnya Camat Bungku Selatan.

Lebih lanjut, Tahir mengatakan, pengadaan perahu fiber sebanyak 39 Unit bersumber dari Dana Desa tahun 2018 dengan total anggaran RP. 348 Juta Rupiah. Dengan jumlah 39 Unit unit tentunya belum keseluruhan mendapatkan bantuan tersebut. Untuk itu akan diupayakan pemberian bantuan selanjutnya bagi yang belum mendapatkannya. Kominfo/HK.

About helman kaimu

Check Also

Peringati Hari Kartini, Pemkab Morowali Gelar Sejumlah Kegiatan

Morowalikab.go.id – Bungku – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar peringatan Hari Kartini di Alun-alun Rumah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *