Home / Informatika / Peringati Hari Bela Negara Ke-71, Pemkab Morowali Gelar Upacara Bendera

Peringati Hari Bela Negara Ke-71, Pemkab Morowali Gelar Upacara Bendera

Morowalikab.go.id – Bungku – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali, menggelar upacara bendera memperingati Hari Bela Negara ke-71 tahun 2019 di Halaman Kantor Bupati, Kompleks Perkantoran Fonuasingko Bungku, Kamis (19/12/19).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wakil Bupati (Wabup) Morowali, Dr. H. Najamudin, S.Ag., S.Pd., M.Pd., Komandan Upacara, Danramil 1311-01/Bungku Tengah, Kapten Arh. Fatkhurokhman, dan Perwira uapacara Pasi Pers Kodim 1311/Mrw, Kapten Inf. Alderman Mbatono.

Dalam sambutannya, Wabup Morowali, H. Najamudin, mengatakatan salah satu berkah yang telah mengantarkan kemerdekaan tanah air kita adalah digalinya kembali Pancasila sebagai dasar negara, pandangan hidup bangsa dan nilai dasar bela negara. ‘’Pancasila adalah visi final bangsa dan negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia paripurna,’’ ujar Najamudin, saat membacakan sambutan tertulis Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional, Laksamana Madya TNI, Achmad Djamaludin.

Lebih lanjut, Najamudin mengungkapkan, Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara, kerelaan berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara dan semangat untuk mewujudkan negara yang berdaulat, adil dan makmur.

‘’Dalam aktualisasinya, bela negara harus disesuaikan dengan kondisi kekinian yang dihadapi oleh masyarakat secara umum serta dilandasi sinergi semua pemangku kepentingan sehingga terwujud kekuatan yang besar untuk mencapai tujuan yang besar pula. Dengan demikian, bela negara bukan hanya menjadi alat untuk menghadapi ancaman yang bersifat potensial maupun aktual, namun juga menjadi alat pencapaian tujuan nasional bangsa dalam jangka panjang yang memerlukan kerja keras serta sinergi bersama secara terus menerus,’’ jelasnya.

 Ditambahkannya, Tanpa sikap dan perilaku bela negara, maka pengelolaan negeri kita tak akan mencapai keadilan dan kemakmuran yang dicita-citakan oleh seluruh pendahulu bangsa. ‘’Penanaman nilai-nilai dasar bela negara harus dilakukan secara terus menerus kepada seluruh komponen masyarakat dari beragam profesi tanpa memandang usia, suku, agama, dan ras sebagai hak dan kewajiban tiap warga negara yang dijamin oleh undang-undang. Kedepan, kita semua mengharapkan agar aksi nasional bela negara disegenap gatra kehidupan nasional dapat semakin terstruktur, sistematif, dan massif, dengan prioritas dan implementasi yang terukur sesuai dengan persepsi dan aspirasi masyarakat seluas-luasnya. Olehnya mari kita jadikan bidang profesi masing-masing sebagai ladang bela negara,’’ pungkas mantan Kandepag Kabupaten Poso tersebut.

Kegiatan yang berlangsung secara khidmat dihadiri oleh Sekda Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH., M.M, Kasdim 1311/Morowali, Mayor Inf. Arifin Rito Wibowo, Kepala BNNK Morowali, AKBP. Wahyudi, Kapolres Morowali yang diwakili Kapolsek Bungku Tengah, AKP. A. Rapar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, serta seluruh ASN dan PHL lingkup Pemkab Morowali. (Foto/Reporter IKP Kominfo: HK)

About helman kaimu

Check Also

Kepala DLHD Morowali Tegaskan Pengusaha Tambang Galian C Harus Patuhi Aturan Yang Berlaku

Drs. Abd. Rahman, MT Kadis Lingkungan Hidup Daerah Kabupaten Morowali Bungku – morowalikab.go.id – Seusai ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *