Home / Pembangunan / Musrenbang Kecamatan Bungku Tengah 2019 dihelat, Taslim Harapkan Peningkatan Sumber Daya Manusia

Musrenbang Kecamatan Bungku Tengah 2019 dihelat, Taslim Harapkan Peningkatan Sumber Daya Manusia

 

Morowalikab.go.idBungku – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bungku Tengah digelar di Wisata Laut pada Selasa, (12/02/2019). Musrenbang kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan/stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan terkait yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan/Desa, serta menyepakati rencana kegiatan lintas kelurahan/Desa di kecamatan Bungku Tengah . Musrenbang  dibuka  Bupati Morowali, Drs. Taslim dihadiri  Camat Bungku Tengah, Abdurrifai Rone, S.pd, Kepala Bapedda Kabupaten Morowali, Drs. Emil, M.si, Kepala Desa se-kecamatan Bungku Tengah, Ketua BPD kecamatan Bungku Tengah dan masing-masing kelurahan.

Dengan tema mewujudkan Morowali yang sejahtera, ada tiga (3) poin yang menjadi fokus utama dalam musyawarah yaitu: pengelolaan sumber daya alam, pembangunan sumber daya manusia dan perbaikan tata kelola pemerintahan.  Taslim mengatakan dalam proses perencanaan masih sangat minim sumber daya manusia yang handal dan kompeten. sejatinya , Daerah ini  membutuhkan konsultan yang bisa membaca situasi daerah yang dapat meningkatkan  potensi sumberdaya alam,manusia dan   ekonomi untuk bisa bersaing untuk terwujudnya sejahtera bersama  . “Kalau kita paham proses perencanaan, potensi-potensi ekonomi yang dimiliki bisa dikawal dengan baik agar masyarakat merasakan manfaatnya” ujar Taslim.

Taslim menambahkan, sumber daya alam menjadi modal awal yang dimiliki Morowali sehingga diperlukan kesiapan sumber daya manusia dalam meminimalisir campur tangan pihak luar untuk proses pembangunan. “Morowali sudah memiliki sumber daya alam yang kaya maka anggaran desa dan APBD Kabupaten bisa dipakai membuat kegiatan untuk peningkatan sumber daya manusia sehingga keahlian putra putri daerahlah yang dapat digunakan untuk terlibat dan  berpartisipasi membangun Morowali” Imbuhnya.

Bupati berharap, melalui Musrenbang ini, persoalan-persoalan pemerintah desa dapat diselesaika di desa dan  tidak sampai ke tingkat kecamatan. Selain itu, program peningkatan kapasitas sumber daya manusia semakin ditingkatkan. “saya berharap, kepala desa mengoptimalkan seluruh perangkat desanya dalam rangka membantu memberikan pelayanan ke masyarakat juga melalui musrenbang ini, difokuskan program peningkatan sumber daya manusia untuk Morowali yang sejahtera” harapnya. Winda Bestari/iksan /002

About Winda Bestari

Check Also

Sambut 1 Muharam 1441 H Di Morowali, Panitia Gelar Rapat Persiapan

PPID – morowalikab.go.id – Bungku –  Persiapan Pelaksanaan Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 H ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *