Home / Parawisata / BUPATI MOROWALI MENYAMBUT KEDATANGAN KLM. PINISI BAKTI NUSA DI KAWASAN KEPULAUAN SAMBORI

BUPATI MOROWALI MENYAMBUT KEDATANGAN KLM. PINISI BAKTI NUSA DI KAWASAN KEPULAUAN SAMBORI

Morowali kab.go.id.   Bupati morowali Drs. Taslim didamping oleh Sekertaris Daerah H. Jafar Hamid, SH, MM, Anggota DPRD  Subhan Matorang, Kadis Perikanan Drs. Ambo Lewa, Camat Menui Kepulauan dan Camat Bungku Selatan, beserta  staf perikanan dan masayarakat  menyambut kedatangan Kapal Layar Motor (KLM) PINISI BAKTI NUSA yang berlabuh di Desa Mbokita, Kawasan Kepulauan Sambori Kecamatan Menui Kepulauan. (Minggu.6/1/2019).

Prosesi penyambutan dilakukan di atas KLM Pinisi Bakti Nusa dengan sangat meriah. Pada kesempatan itu, Bupati Morowali mengelilingi dan melihat-lihat isi KLM Pinisi Bakti Nusa. Selanjutnya, Bupati Morowali menegaskan rasa terima kasih dan kebanggaan atas kunjungan KLM Pinisi Bakti Nusa di Kawasan Sombori. Beliau mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan salah satu momen penting dalam mempromosikan potensi kawasan pariwisata di Kabupaten Morowali secara umum dan Kawasan Sombori secara khusus agar lebih dikenal oleh dunia internasional, sehingga akan meningkatkan kunjungan wisatawan di kawasan pariwisata yang ada di Kabupaten Morowali. Dengan meningkatnya kunjungan para wisatawan diharapkan dapat menggerakkan ekonomi kerakyatan, sehingga dapat terwujud kesejahteraan bagi masyarakat morowali.

Di sisi lain, Bupati Morowali, Taslim berharap ke depannya agar pemerintah pusat memberi perhatian khusus dalam rangka meningkatkan potensi perikanan di Kecamatan Menui Kepulauan dan Kecamatan Bungku Selatan. Besarnya potensi perikanan di 2 (dua) kecamatan tersebut akan sangat mubasir jika tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat setempat dengan tetap menjaga ekosistem laut. Oleh karena itu, pembangunan terhadap infrastruktur, baik infrastruktur kelautan maupun infrastruktur jalan agar secara serius diperhatikan. Kedua hal ini akan mempermudah akses para wisatawan menuju Kawasan Sambori. Beliau juga mengatakan bahwa saat ini yang menjadi permasalahan penting untuk segera diselesaikan dalam Kawasan Sambori adalah permasalahan listrik, air bersih, dan jaringan telekomunikasi.

Di waktu terpisah, bertempat di Balai Desa Mbokita, Bupati Morowali menyampaikan rasa hormat dan bahagia karena momen ini merupakan kunjungan pertama beliau di Kawasan Sambori, Desa Mbokita semenjak di lantik tanggal 26 september  2018. Semoga dengan berlabuhnya KLM. Pinisi Bakti Nusa akan membawa berkah bagi masyarakat morowali, secara khusus bagi pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Morowali. Selanjunya, bupati menyampaikan cerita berdirinya Desa Mbokita waktu masih menjabat  sebagai anggota DPRD beliau tidak menyangka bahwa desa ini akan seperti sekarang ini yang banyak di kunjungi oleh wisatawan.

Dengan berkembangnya Kawasan Sa,mbori sebagai destinasi pariwisata, diharapkan dapat mensejahterahkan masyarakat. Akan tetapi,  dengan menjadi tujuan wisatawan, maka tentunya ada beberapa hal yang harus kita patuhi, diantaranya masalah sampah. Sangat diharapkan adanya kesadaran masyarakat maupun wisatawan agar tidak membuang sampah sembarangan. Demikian juga dengan menjaga ekosistem laut merupakan suatu keharusan yang harus dilakukan oleh siapa saja. Hal ini penting untuk dijadikan gerakan bersama agar kebersihan dan keberlanjutan ekosistem laut yang tetap terjaga akan memberikan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat lokal itu sendiri. Kesadaran untuk ikut serta dalam menjaga sarana dan prasarana penunjang fasilitas parisiwisata yang telah dibangun, baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah juga harus terus ditingkatkan, sehingga kunjungan wisatawan di Kawasan Sambori akan terus meningkat.

Selanjutnya, oleh Kapten Kapal/Nahkoda KLM. Pinisi Bakti Nusa, Irdam  mengatakan bahwa jumlah ABK (relawan) 6 (enam) orang, Nahkoda Irdam juga menjelaskan bahwa terdapat beberapa tempat yang telah disinggahi, diantaranya: Bira, Kaena, Buton Tengah, Bau Bau, Raha, Kendari dan saat ini Morowali/Sambori dan selanjutnya akan ke Banggai dan terus mengeliligi Indonesia Timur. Nahkoda Irdam menyampaikan rasa terima kasih kepada Bapak Bupati  Morowali dan masyarakat atas sambutan yang sangat rama. Beliau mengatakan sangat terkecut melihat Kawasan Sambori yang ternyata begitu cantik dan exsotik sampai tidak terasa mereka berada di Kepulauan Sambori. Untuk itu, ia mengatakan Kawasan Kepulauan Sambori ini sudah layak mendapat perhatian khusus dari dari pemerintah pusat, sehingga sangat layak untuk di jadikan destinasi pariwisata.

Di akhir kunjungan, oleh seluruh awak KLM. Pinisi Bakti Nusa menyerahkan sumbangan buku untuk anak sekolah di Desa Mbokita dari Kelas B Ki hajar Dewantara SD Pertiwi Makassar yang diserahkan langsung oleh Nahkoda Irdam dan di terima langsung oleh Kepala Sekolah SD Mbokita. Selanjutnya, KLM. Pinisi Bakti Nusa memberikan kesempatan kepada anak-anak yang ada di Desa Mbokita untuk naik dan melihat lihat isi KLM. Pinisi Bakti Nusa.

(KOMINFO – IKP / IK54N & k4r7)

 

 

About iksan kominfo

Check Also

STERN RESOURCES GRUP SIAP BERINVESTASI DI KAWASAN KEPULAUAN SOMBORI

Morowalikab.go.id Perusahaan raksasa asal Amerika Serikat, Stern Resources (SR) Group, bakal ekspansi bisnis di Kabupaten ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *