Home / Ekonomi / Bina Pengembangan Usaha, Kadis Kop dan UMKM Morowali Tinjau Pengelolaan UMKM Di Sejumlah Tempat

Bina Pengembangan Usaha, Kadis Kop dan UMKM Morowali Tinjau Pengelolaan UMKM Di Sejumlah Tempat

Bungku – morowalikab.go.id – Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Daerah Kabupaten Morowali, Drs. Yusman Mahbub, M.Si, didampingi Sekretaris Dinasnya, Andi Sadikin, S.Pt dan Kepala Bidang UMKM, Darwin Nuhun, SE, serta sejumlah stafnya melaksanakan peninjauan dan pembinaan pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di sejumlah tempat.

Peninjauan dilakukan sebagai upaya pembinaan sekaligus memastikan pengembangan pengelolaan UMKM di Kabupaten Morowali berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhannya. Pengembangan pengolahan abon ikan merupakan kegiatan hasil binaan UMKM dalam bentuk pelatihan-pelatihan maupun kegiatan praktek termasuk pembuatan abon ikan dan kegiatan lainnya seperti pembuatan kripik.

Sebut saja, Ibu Siti Aisa merupakan salah satu binaan UMKM, telah berhasil menjalankan usahanya dimana  hampir seluruh prodaknya menjadi bagian percontohan yang kami sudah sampaikan baik kepada Pemerintah Daerah maupun kesetiap tamu yang berkunjung di Kabupaten Morowali. ‘’Hampir seluruhnya prodak dari ibu-ibu ini salah satunya yang kami promosikan sebagai prodak unggulan Kabupaten Morowali,’’ Hal ini dikatakan Yusman Mahbub disela kunjungangannya pada pelaksanaan pembinaan UMKM, Jumat (21/02/20).

Untuk meningkatkan kemajuan UMKM, Pemerintah Daerah telah banyak memberikan bantuan pelatihan maupun bantuan permodalan dan juga peralatan-peralatan produksi. ‘’Insya Allah kita akan kembangkan terus UMKM dengan selalu membantu apa yang menjadi kekurangan-kekurangannya sehingga ini akan menjadi perhatian Dinas Koperasi dan UMKM dengan memberikan pembinaan dan bantuan yang tentunya berdasarkan pada aturan yang berlaku di Daerah ini,’’ ujar Yusman Mahbub

Ia berharap semua bentuk usaha binaan UMKM dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat khususnya para pelaku usaha. ‘’Harapan kita nantinya usaha pembuatan abon yang ada di Desa Wosu Kecamatan Bungku Barat dan juga usaha lainnya seperti pembuatan ranggina kacang yang ada di Desa Lanona serta usaha lainnya yang tersebar disejumlah tempat di Kabupaten Morowali akan menjadi usaha percontohan yang dapat mendukung pemberdayaan ekonomi masyarakat,’’ pungkas mantan Camat Bungku Tengah tersebut.

Selain usaha pembuatan abon ikan yang menjadi andalan UMKM, ada juga usaha UMKM lainnya yakni pembuatan ranggina kacang yang terdapat di Desa Lanona dan pembuatan anyaman rotan di Desa Sakita Kecamatan Bungku Tengah. selain itu, ada juga pengembangan Usaha Mikro di Puluti Desa Lahu Afu Kecamatan Bungku Timur, serta tempat usaha penampungan hasil kerajinan tangan masyarakat di sekitar  UMKM Bahokopi, Desa Bahomotefe Kecamatan Bungku Timur.

Sumber: (Foto/Reporter IKP Kominfo: HK)

About helman kaimu

Check Also

Video Teleconference, Bupati Morowali Laporkan Progres Penanganan Covid-19 Ke Gubernur Sulteng.

Bungku – morowalikab.go.id – Mengantisipasi penyebaran Virus Corona Desease 2019 (Covid-19) di wilayah Provinsi Sulawesi ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *