Home / Pemerintahan / Bupati Morowali Serahkan SK Bagi 589 Guru Kontrak

Bupati Morowali Serahkan SK Bagi 589 Guru Kontrak

PPID (Morowalikab.go.id) Bungku – Seremonial penyerahan SK Guru Kontrak Tahun 2019 digelar di Ruang Pola Kantor Bupati pada Kamis, (11/04/96). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Morowali, Drs. Taslim, Sekda Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, SH, M.M, dan Kadis Pendidikan Morowali, Amir Aminuddin, S.Pd, M.Pd.

Kadis Pendidikan, Amir Aminuddin, mengatakan pengangkatan guru kontrak dilakukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga pengajar. “Yang perlu diingat bahwa pengangkatan guru kontrak adalah untuk memenuhi kebutuhan guru. Jadi, apabila ditugaskan di daerah tertentu tidak usah mengeluh. Di beberapa sekolah gurunya sudah padat apabila dilakukan penambahan akan ada guru sertifikasi yang kehilangan jam mengajar, sehingga sertifikasinya bisa berkurang.” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, sumber pendanaan gaji guru kontrak berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD). Ia berharap, melalui penambahan jumlah guru kontrak dapat meningkatkan efektifitas pendidikan Kabupaten Morowali. Sehingga dalam mengemban tugas, guru kontrak dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan maksimal. “Dikhawatirkan, jangan sampai dilakukan penambahan malah hasilnya tetap stagnan. Pendidikan di Morowali masih perlu diperbaiki khususnya paradigma pemikiran. Jangan sampai model mengajar kita seperti jaman dulu”, imbuh Kadis Amir Aminuddin.

Sementara itu, Bupati Morowali, Drs. Taslim berujar bahwa opini yang terbangun di masyarakat adalah pentingnya pendidikan gratis. Morowali telah dianggap berhasil dalam sektor pendidikan karena telah menerapkan  program pendidikan gratis. Namun menurut Taslim, hal yang paling urgent dalam pendidikan adalah peningkatan kualitas pendidikan agar menghasilkan generasi  yang memiliki keunggulan Sumber Daya Manusia. “Pendidikan di Morowali masih perlu ditingkatkan. Dilakukan penambahan guru kontrak agar punya tanggungjawab mengasah kemampuan dan kualitas SDM, membangun SDM juga ada korelasinya dengan pendapatan daerah”, ujarnya.

Ia juga berharap agar guru kontrak mampu menerapkan kedisiplinan dalam bekerja. Sehingga, target pencapaian dapat dicapai tepat waktu. “Mengenai kedisiplinan, hargai waktu agar dapat menuntaskan target pencapaian. Apabila tidak mampu memaksimalkan jam kerja, maka akan berimbas pada pembelajaran yang tidak tuntas pada murid” Tegas Taslim.

Acara tersebut dirangkaikan dengan penyerahan SK secara simbolis kepada perwakilan guru kontrak dan penyerahan 10 unit laptop secara simbolis kepada  Kepala Sekolah di 9 Kecamatan se – Kabupaten Morowali.

Seperti diketahui, tahapan seleksi penerimaan guru kontrak melalui Computer Assessment Test (CAT) 2019. Dan total 589 tenaga pengajar dinyatakan lulus. Dari jumlah tersebut 471 diantaranya guru Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD/SMP) serta 118 guru Taman Kanak – Kanak (TK) yang berbasis jurusan sarjana PAUD

(Winda/Iksan/qbl)

About Winda Bestari

Check Also

Peringati Hari Kartini, Pemkab Morowali Gelar Sejumlah Kegiatan

Morowalikab.go.id – Bungku – Pemerintah Daerah Kabupaten Morowali menggelar peringatan Hari Kartini di Alun-alun Rumah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *